Masyarakat Banyuasin Didorong Untuk Ikut Awasi Pemilu Mendatang

Minggu 11-12-2022,18:03 WIB
Reporter : Amran
Editor : Dodi

PANGKALAN BALAI,HARIANMUBA.COM,- Masyarakat Kabupaten Banyuasin diajak untuk ikut terlibat dalam pengawasan pada Pemilu dan juga Pilkada 2024 mendatang.

Hal ini bertujuan agar nilai demokrasi terjaga dan mendorong munculnya kepemimpinan politik sesuai dengan aspirasi rakyat.

Hal ini juga mendorong Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyuasin gencar melakukan sosialisasi mendorong partisipasi masyarakat ikut melakukan pengawasan pada pemilu serentak 2024. 

Sosialisasi Pengawasan partisipatif kali ini mengangkat tema 'Bersama Masyarakat Awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakan keadilan pemilu'.

Kegiatan berlangsung di Hotel Rid’s Palembang Kecamatan Sukarami Jumat 9 Desember 2022.

Kegiatan menghadirkan dua narasumber yakni Ketua PWI Banyuasin dengan materi peran media menyukseskan gelaran pemilu serentak 2024.

Serta Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas dengan materi mengawal demokrasi melalui pengawasan partisipatif.

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas, Muhammad Mustakim menyampaikan pentingnya pengawasan yang dilakukan oleh pengawasan eksternal terutama media yang mempunyai peran besar terhadap Bawaslu.

“Ini merupakan salah satu upaya melakukan pencegahan awal dengan cara bersosialisasi, bahkan dengan adanya partisipasi publik dapat mencegah potensi pelanggaran akan semakin maksimal,” tuturnya.

Sementara, Ketua PWI Banyuasin Asnaini Khamsin mengatakan, peran dan fungsi media sangat berpengaruh terhadap pemilu. 

Tiga peran media sebagai penyampaian informasi, edukasi dan penangkal hoaks kepada publik.

“Saat pemilu nanti berita hoaks itu jelas pasti ada, makanya peran media yang kompeten sebagai penangkal berita hoaks sangat penting,” ungkap Asnaini.

 

 

 

Kategori :