Ternyata Ini Asal Usul Nama Desa Bailangu, Serta 5 Makanan Khasnya

Sabtu 24-12-2022,11:25 WIB
Editor : Dodi

Laksana air bah, generasi muda Bailangu telah menyebar ke penjuru tanah air menggapai impian dan cita-cita mereka masing-masing.

Masukan serta saran sangat diperlukan untuk kesempurnaan Sejarah Desa Bailangu untuk generasi yang akan datang.

Selain itu, berikut beberapa makanan khas Desa Bailangu Musi Banyuasin:

1. Rusep

Rusep merupakan salah satu makanan atau lauk pauk khas Daerah Sekayu dan paling terkenal di Desa Bailangu serta dikenal luas di Kabupaten Musi Banyuasin.

Tidak heran jika makanan ini juga menjadi makanan khas Sekayu dan Bailangu. Sebab, makanan ini mudah ditemukan di daerah tersebut.

Makanan yang terbuat dari ikan Seluang ini di fermentasikan dalam beberapa waktu untuk melunakan tulangnya sehingga menjadi empuk.

Dan kebanyakan masyarakat Bailangu membuat makanan yang sering disebut dengan sebutan Rusep ini menjadi lauk pauk.

2. Peda

Hampir sama dengan Rudep, Peda adalah salah satu makanan khas Desa Bailangu Kabupaten Musi Banyuasian.

Peda ini terbuat dari ikan yang difermentasi didalam botol atau wadah sekitar 1-2 Minggu. Ikan yang dipakai bisa bermacam jenis, contohnya ikan patin, atau ikan seluang.

Walaupun warnanya tidak begitu menarik karena berwarna abu-abu pekat, namun ketika ditumis dengan cabai rawit rasa peda ini bisa membawamu pulang ke kampung halaman.

3. Pundang

Pundang merupakan makanan yang terbuat dari ikan seluang serta ikan kecil yang hidup di sungai Musi yang banyak di jumpai di daerah Desa Bailangu.

Namun, bukan hanya di Desa Bailangu di daerah lainnya di Kabupaten Musi Banyuasin juga banyak terdapat pundang atau iwak asin.*

 

Kategori :