Selain Etnis Nusantara, Ada 7 Etnis Pendatang yang Ada di Indonesia, Berikut Asal-usulnya

Jumat 09-06-2023,18:41 WIB
Reporter : Reno
Editor : Reno

HARIANMUBA.COM – Dalam konteks sosial masyarakat Indonesia modern, seringkali kita jumpai istilah “pribumi” yang biasanya mengacu pada identitas orang asli di daerah tertentu.

 

Sebenarnya apa itu pribumi? Pribumi adalah penduduk asli suatu wilayah yang telah membangun kebudayaan dengan status asli sebagai kelompok etnis dan bukan datang dari daerah lain.

 

Memang, secara umum kita mengenal klasifikasi umum etnis kesukuan lokal Indonesia, misalnya orang Batak itu di Sumatera Utara, orang Sunda itu di Banten dan Jawa Barat, orang Minang di Sumatera Barat, orang Bugis di Sulawesi Selatan, orang Dayak di Kalimantan Tengah dan Barat, dan lain sebagainya. 

 

Namun, di sisi lain, istilah “pribumi” ini sendiri juga kerap digunakan sebagai pembeda antar golongan masyarakat yang dianggap sebagai orang/suku/etnis asli Indonesia dengan mereka yang dianggap sebagai “kaum pendatang”.

BACA JUGA:Bayi Diletakkan di Depan Rumah, Ada Kertas Berisi Tulisan Minta Sang Bayi Dirawat

Namun tahukan kamu, selain suku penduduk asli, di Indonesia juga ada suku pendatang. 

 

Sebutan suku pendatang ini untuk warga keturunan dari berbagai belahan dunia.

 

Berikut diantara suku-suku pendatang yang paling sifnigikan di Indonesia dilansir dari berbagai sumber, salah satunya wikipedia:

 

1. Tionghoa

Kategori :