Bahan Bakar Air Asal Indonesia 'Nikuba' Dipresentasikan di Italia, Bakal Diproduksi Masal?

Minggu 18-06-2023,19:06 WIB
Reporter : Reno
Editor : Reno

BACA JUGA:Muslimat Fatayat Desa Mulyo Rejo Gelar Pengajian Rutin, Dihadiri Kades dan Anggota DPRD Muba

“Saat ini waktunya Nikuba sebagai alternatif solutif akan mencoba terbang untuk dipresentasikan pada dunia,” terang Mayjen Kunto.

 

Menurut Mayjen Kunto, meski memerlukan proses, namun ide, tindakan, komitmen dan keyakinan terhadap Nikuba sebagai alternatif energi terbarukan dapat menjadi peluang di masa yang akan datang.

 

Mayjen Kunto berharap perjalanan jauh Nikuba sebagai inovasi anak bangsa dari Kodam III/Slw akan menjadi secercah harapan terhadap solusi energi alternatif dunia di masa mendatang.

 

Nikuba yang mempunyai arti ‘Niku Banyu’ atau ‘Ini Air’ merupakan sebuah teknologi yang dapat mengkonversi air menjadi hidrogen melalui sistem pemisahan hidrogen dan oksigen dengan menggunakan dielektrolisa yang dapat digunakan sebagai bahan bakar.

BACA JUGA:Tol Serang - Panimbang Target Selesai 2024, Dorong Tingkatkan Perekonomian Banten Melalui Sektor Wisata

Inovasi dari Aryanto Misel dapat mengubah air menjadi energi pada mesin pembakaran dalam Internal Combustion Engine (ICE) di kendaraan.

 

“Nikuba ini memiliki fungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung di dalam air (H2O),” terang Aryanto.

 

“Hidrogen yang telah terpisah kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran dari mesin kendaraan bermotor,” ujar Aryanto.

 

Nikuba sendiri terus disempurnakan sehingga lebih efisien saat digunakan untuk kendaraan dengan kemungkinan bisa menghemat 100 bahan bakar minyak serta penganti BBM kendaraan.

Kategori :