Daftar 10 Penyakit Bisa Diatasi dengan Jalan Kaki Rutin

Minggu 15-09-2024,10:10 WIB
Reporter : Fiya
Editor : Reno

BACA JUGA:Wanita Wajib Coba, Begini Cara Mengatasi PMS

9. Insomnia dan Masalah Tidur

Jalan kaki, terutama di pagi hari atau sore hari, dapat membantu mengatur siklus tidur. Aktivitas fisik membantu melepaskan energi dan meningkatkan kadar melatonin, hormon yang mengatur tidur.

Banyak orang yang memiliki masalah tidur mengalami perbaikan setelah memasukkan jalan kaki ke dalam rutinitas harian mereka, sehingga membantu mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

10. Penyakit Paru-Paru

Jalan kaki dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan kapasitas pernapasan, terutama bagi penderita penyakit paru-paru kronis seperti asma atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Saat Anda berjalan, tubuh akan meningkatkan kebutuhan oksigen, yang mendorong paru-paru bekerja lebih efisien dan meningkatkan kapasitasnya.

Jalan kaki rutin juga dapat membantu mengurangi gejala sesak napas dan meningkatkan stamina penderita penyakit paru-paru.

BACA JUGA:Kondisi Air Sungai Musi di Sekayu Pasca Diguyur Hujan, Keruh dan Banyak Rempan, Tidak Layak Guna

Jalan kaki rutin memiliki banyak manfaat kesehatan yang signifikan, dari menurunkan tekanan darah hingga meningkatkan kesehatan mental.

Meskipun terlihat sebagai aktivitas ringan, efek positif dari jalan kaki sangat luas dan dapat membantu mencegah serta mengatasi berbagai penyakit.

Mulai sekarang, cobalah untuk menjadikan jalan kaki sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda, dan rasakan manfaatnya dalam jangka panjang.(*)

Kategori :