Muba Raih Peringkat 1 dalam Percepatan Penurunan Stunting di Sumsel

Rabu 25-09-2024,12:08 WIB
Reporter : Reno
Editor : Reno

HARIANMUBA.COM– Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) telah mencetak prestasi gemilang dalam upaya menurunkan angka stunting. Dalam tiga tahun terakhir, penurunan stunting di Bumi Serasan Sekate menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan!

Berdasarkan data dari 2021 hingga 2023, prevalensi stunting di Kabupaten Muba telah menurun sebesar 6,5 persen. Angka ini tidak hanya mengesankan, tetapi juga lebih baik dibandingkan dengan capaian di tingkat provinsi dan nasional!

"Dari indikator yang telah dilaksanakan, Kabupaten Muba dinobatkan sebagai peringkat 1 dalam percepatan penurunan stunting se-Sumatera Selatan," ujar Kepala BKKBN Sumsel, Mediheryanto SH MH, saat pemberian penghargaan di The Sultan Convention Center, Rabu 25 September 2024.

BACA JUGA:Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2 Dioperasikan Kembali, Usai Penanganan Longsor

Mediheryanto menekankan pentingnya untuk terus mempertahankan dan meningkatkan upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Muba. Ia berharap, keberhasilan ini dapat menjadi inspirasi bagi Kabupaten/Kota lain di Sumsel dalam mengatasi masalah stunting

Sekretaris Daerah Muba, Drs Apriyadi Mahmud MSi, menegaskan bahwa pemerintah daerah sangat serius dalam menangani masalah ini.

"Kami berkomitmen menurunkan angka stunting dengan pendekatan kolaboratif dan berbasis data. Capaian peringkat 1 ini adalah hasil kerja keras semua pihak," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Muba, dr Azmi Dariusmansyah MARS, menambahkan bahwa Dinas Kesehatan kini semakin aktif dalam mengejar target penurunan stunting hingga mencapai 13,6 persen.

BACA JUGA:Inilah 6 Kuliner Khas Muba, Berbahan Dasar Ikan yang Sangat Menggugah Selera

"Capaian ini adalah hasil kolaborasi antara berbagai dinas, termasuk penanganan 514 Posyandu dan pelatihan bagi kader serta bidan desa," tuturnya.

Dengan harapan angka stunting terus menurun, Azmi mengajak masyarakat dan stakeholder untuk lebih peduli terhadap kesehatan anak-anak.

"Mari kita berdoa agar anak-anak di Muba bebas stunting, dan semakin banyak generasi cerdas lahir di Muba!" pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Sekda Apriyadi Mahmud juga didampingi oleh Pj Ketua TP PKK Muba, Triana Sandi Fahlepi, dan Kepala Dinas Kesehatan Muba, dr Azmi Dariusmansyah MARS.

BACA JUGA:Rahasia Buah Nanas dalam Menurunkan Kolesterol dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Dengan langkah-langkah konkret dan kolaborasi yang kuat, Muba menunjukkan bahwa penanganan stunting bukan hanya sebuah misi, tetapi juga sebuah komitmen untuk masa depan yang lebih baik!

Kategori :