Kabupaten Musi Banyuasin dalam Angka dan Kecamatan Dalam Angka 2024 Resmi Dirilis

Minggu 29-09-2024,17:43 WIB
Reporter : Reno
Editor : Reno

HARIANMUBA.COM- Masyarakat umum, peneliti, pengusaha, hingga akademisi dapat memperoleh informasi akurat tentang Kabupaten Musi Banyuasin melalui buku "Kabupaten Musi Banyuasin dalam Angka dan Kecamatan Dalam Angka ."

Buku ini dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Musi Banyuasin setiap 28 Februari dan memiliki peranan penting dalam menyediakan data komprehensif mengenai wilayah ini.

Herryandi Sinulingga, Kepala Dinas Kominfo Musi Banyuasin, menjelaskan bahwa BPS sebagai pembina data sektoral sangat krusial untuk mewujudkan data yang akurat dan dapat dibagi pakai, sesuai dengan prinsip "Satu Data Indonesia."

Di sisi lain, Dinas Kominfo bertanggung jawab untuk menyebarluaskan informasi terkait data yang dihasilkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab Busi Motor Matic Jadi Gampang Mati

Buku ini mencakup berbagai informasi, termasuk Kondisi geografiss, Demografi, Pemerintahan, Sosial, Ekonomi. 

Indikator utama yang disajikan meliputi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Sekitar 80% data dalam buku ini berasal dari OPD dan sudah tersedia di Portal Satu Data Kabupaten Musi Banyuasin: Satu Data Muba dan BPS Muba

Ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam mendukung implementasi "Satu Data Indonesia," untuk menjaga konsistensi dan kualitas data yang dapat digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan daerah.

Sinulingga menjamin bahwa lewat buku ini, siapa pun dapat menemukan data Muba yang akurat dan terkini. Buku ini sebagai salah satu kado ulang tahun kabupaten musi banyuasin ke 68 tahun di tahun 2024 ini tegasnya 

BACA JUGA:Manfaat Hati Ayam untuk Kesehatan Tubuh Menurut Penelitian

Kepala BPS Muba, Trio Wira Dharma, S.ST., M.M, menyatakan bahwa kumpulan data sektoral ini menunjukkan pengelolaan data statistik yang baik dari OPD Muba.

Pengelolaan data yang baik dapat menghasilkan program kegiatan yang bermanfaat. Bagi yang ingin mendapatkan buku ini, dapat mengunduhnya di:

- Satu Data Muba

- BPS Muba

Ini adalah wujud kolaborasi yang baik untuk memperoleh data yang dapat dibagi pakai demi kemajuan Musi Banyuasin ke depannya. Buku ini bisa menjadi sumber referensi penting bagi pemerintah daerah, peneliti, dan masyarakat umum.(*) 

Kategori :