Sukses 100 Persen Terapkan Aplikasi Srikandi, Bayung Lencir Muba Raih Penghargaan ANRI

Selasa 15-10-2024,07:32 WIB
Reporter : Reno
Editor : Reno

HARIANMUBA.COM – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menerima penghargaan dari Badan Arsip Nasional RI atas penerapan aplikasi Srikandi dalam pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Penghargaan ini diberikan kepada seluruh desa di Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Muba.

Setelah satu tahun penerapan, aplikasi Srikandi telah berjalan 100 persen, menciptakan kelancaran dalam persyaratan dan kearsipan secara elektronik yang efektif dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Asosiasi Pemerintahan Seluruh Indonesia (APDESI) Bayung Lencir dan Camat Bayung Lencir, M. Imron, SSos, MSi, di Gedung Pusat Arsip Kepresidenan, Taman Sari, Jakarta Barat pada Senin 14 Senin 2024.

BACA JUGA:Bentuk Nyata Pembelajaran Demokrasi, SMP Perintis Ngulak Gelar Pemilihan Ketua OSIS

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs. Imam Gunarto, M.Hum, melalui Direktur Kearsipan Daerah II, Wawan, SIP, MAP, menyebutkan bahwa keberhasilan Kecamatan Bayung Lencir sebagai kecamatan pertama yang menerapkan Srikandi sangat layak mendapatkan penghargaan.

"Kita mengapresiasi setinggi-tingginya atas penghargaan yang diterima oleh APDESI Bayung Lencir dan Camat Bayung Lencir yang telah memberikan dukungan penuh dan pengaruh besar terhadap penerapan Srikandi," kata Wawan.

Penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi ANRI kepada Pemerintah Desa dan Kecamatan Bayung Lencir yang telah mendukung penuh terhadap penerapan Srikandi. Wawan berharap daerah lain dapat menjadikan APDESI Muba dan Pemerintah Kecamatan Bayung Lencir sebagai contoh.

BACA JUGA:Ini Daftar Jaringan Gembong Narkoba di Kota Palembang Masuk Daftar Pencarian Orang

Pj Bupati Muba, Sandi Fahlepi, melalui Kepala Dispusip Muba, Sunaryo SSTP MM, menjelaskan bahwa penghargaan ini diperoleh setelah desa-desa di Kecamatan Bayung Lencir sukses menerapkan aplikasi Srikandi.

Aplikasi ini memudahkan pembuatan surat-menyurat dan arsip elektronik secara online yang terintegrasi dan terekam pada pusat data nasional.

"APDESI Bayung Lencir menjadi yang pertama di Indonesia karena telah 100 persen menerapkan Aplikasi Srikandi. Kini seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Muba telah menerapkan aplikasi ini," ungkapnya.

"Melalui Aplikasi Srikandi, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sangat mudah dijangkau. Ini sangat memudahkan perangkat desa dan warga dalam memenuhi pelayanan administrasi," tutupnya.

BACA JUGA:Inilah Rekomendasi Mobil Untuk Keluarga, Nyaman, Aman, dan Irit Bahan Bakar

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Herryandi Sinulingga, AP, menyatakan bahwa menjalankan Aplikasi Srikandi adalah tugas kolaborasi Dinkominfo bersama Dispusip Muba.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Kecamatan dan APDESI Bayung Lencir yang pertama secara serentak menggunakan Aplikasi Srikandi di level pemerintahan desa.

Kategori :