Tidak Banyak Yang Tahu, Ternyata Ini Alasan Huruf 'K' Jadi Singkatan untuk Sebutan Ribu

Sabtu 19-10-2024,14:19 WIB
Reporter : Opan
Editor : Dodi

HARIANMUBA.COM - Huruf 'K' sering kali digunakan untuk penyebutan ribu. Hal ini, dapat dengan mudah kamu temui dimana pun. 

Misalnya, saat akan membeli kopi di sebuah kafe ditulis 20K atau membeli beragam produk barang jualan di medsos yang sering kali di bagian belakang harga, ditulisnya satuan K. 

Lantas mengapa huruf K sangat dipakai untuk penyebutan ribu? Kenapa tidak pakai huruf lainnya saja? Nah, berikut penjelasannya.

Alasan Huruf 'K' Dijadikan Singkatan untuk Ribu

BACA JUGA:Ciri - Ciri Orang Pintar Dapat Dilihat dari Fisiknya

BACA JUGA:Paslon Luci-Syapar Datangi Posko SETUJA, Paparkan Program Unggulan Peningkatan Gaji RT dan RW

Dikutip dari Merriam-Webster, satuan "K" memiliki kepanjangan kilo. Kilo merupakan unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités).

Kita mengenal kilometer sebagai satuan jarak, kemudian kilogram sebagai satuan berat. Dalam tingkatan, kilo sama dengan 1.000 gram dan 1.000 meter. Karena itulah, sebagian orang mengganti "ribu" dengan "K".

Kata kilo berasal dari bahasa Yunani "chilioi" yang digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak. Tahukah kamu, ternyata penggunaan "K" untuk menyingkat ribu sudah dimulai setidaknya sejak pertengahan 1940-an lho!

Catatan sejarah menunjukkan bahwa "K" sebagai ribu ada dalam glosarium buku teks Basic Electrical Engineering terbitan McGraw-Hill's pada tahun 1945.

Kategori :