Bisa Diamalkan, Ini Doa Kesembuhan untuk Orang Sakit

Rabu 23-10-2024,15:06 WIB
Reporter : Opan
Editor : Dodi

HARIANMUBA.COM - Doa kesembuhan untuk orang sakit adalah salah satu bentuk ibadah yang memiliki kekuatan luar biasa bagi seorang Muslim.

Dalam kehidupan, sakit merupakan salah satu ujian yang datang dari Allah SWT.

Rasulullah SAW, sebagai teladan umat Islam, mengajarkan pentingnya doa kesembuhan untuk orang sakit ketika menghadapi cobaan ini.

Melalui doa yang tulus dan penuh keyakinan, seorang Muslim dapat memohon kepada Allah SWT untuk kesembuhan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

BACA JUGA:Tampilan Lebih Sporty dan Canggi, Honda Rilis RS 150 R 2024

BACA JUGA:Lucianty-Syaparuddin Diminta Memimpin Muba, Dukungan Pedagang dan Masyarakat Mengalir Deras

Sehat adalah anugerah yang sering kali dianggap remeh hingga kita merasakan sakit.

Pada saat inilah, kita diajarkan untuk tidak hanya mencari kesembuhan melalui ikhtiar medis, tetapi juga memperkuat ikhtiar batiniah dengan doa.

Rasulullah SAW sendiri kerap membacakan doa-doa untuk sahabat-sahabatnya yang sedang sakit, serta menganjurkan umatnya untuk melakukan hal yang sama.

Doa kesembuhan untuk orang sakit bukan hanya sarana memohon kesembuhan, tetapi juga wujud kebaikan yang membawa pahala.

BACA JUGA:Guru Honorer di Sulawesi Tenggara Dituduh Pukul Anak Polisi, Dimintai Rp 50 Juta & Disuruh Mengundurkan Diri

BACA JUGA:Oknum Mahasiswi di Prabumulih Diamankan Polisi, Ini Kasusnya

Dalam hadits Rasulullah SAW disebutkan bahwa, “Apabila seseorang menjenguk saudara Muslim yang sedang sakit, maka seakan-akan dia berjalan sambil memetik buah-buahan surga sehingga dia duduk. Apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat yang deras.”

“Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga waktu pagi tiba. (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad sahih).”

Artinya, mendoakan orang yang sakit tidak hanya memberi manfaat bagi yang didoakan, tetapi juga mendatangkan rahmat bagi yang mendoakan. Menjenguk orang sakit pun merupakan bentuk empati yang sangat dianjurkan. Berikut doa kesembuhan untuk orang sakit  yang dicontohkan Rasulullah, dirangkum dari berbagai sumber.

Kategori :