Puluhan Ternak Warga Srigunung Terindikasi PMK

Puluhan Ternak Warga Srigunung Terindikasi PMK

Salah satu ternak didusun Parung Srigunung Sungai Lilin terindikasi PMK--

SUNGAI LILIN - Sekitar 50 ekor ternak sapi milik warga dusun Parung Desa Srigunung Kecamatan Sungai Lilin diduga terjangkit penyakit mulut dan kuku. Tim dari dinas terkait pun rencananya akan turun untuk melakukan pengecekan secara langsung.

"Memang benar ada ternak warga di Parung kemungkinan besar mengalami penyakit PMK, ada sekitar 50 ekor, saat ini kondisi nya lesu karena tidak nafsu makan," jelas Kades Srigunung Iwan Harianto.

Dijelaskan Kades adanya indikasi PMK tersebut karena dibagian mulutnya ada koreng, begitu juga di bagian kaki banyak terdapat nanah. "Kondisi ini hampir terjadi di seluruh sapi yang sudah terjangkit," jelas Kades.

Iwan pun mengungkapkan temuan ini sudah dilaporkan ke pihak kecamatan dan dinas terkait ditingkat kabupaten. "Sudah ada petugas kesehatan yang melakukan pemeriksaan kami juga sudah melaporkan ke pihak kecamatan," paparnya.

Sementara itu Kepala Puskeswan Srigunung Drh Juli Darma saat dikonfirmasi membenarkan adanya penyakit mirip PMK, namun ia mengungkapkan itu baru sebatas indikasi. Untuk memastikan tim kesehatan hewan dari kabupaten akan terjun untuk melihat langsung.

"Kalau kondisi sementara ini memang mirip PMK, namun kita belum bisa memastikan itu benar atau tidak karena akan ada tim turun," jelasnya.

Selain di daerah Parung, penyakit yang sama juga muncul di daerah Pertamin Kelurahan Sungai Lilin Kecamatan Sungai Lilin. "Untuk di Parung sudah kami ambil langkah awal pengobatan, mungkin saat tim turun akan juga dilakukan vaksin bagi ternak yang masih sehat," paparnya.

Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan Saputra Sip Msi saat dikonfirmasi membenarkan adanya temuan tersebut. "Kami sudah melapor dan berkoordinasi dengan dinas terkait rencananya akan ada tim turun," tutupnya. (deo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: