Masuk Libur, Peralatan Sekolah Mulai Diburu

Masuk Libur, Peralatan Sekolah Mulai Diburu

ALAT TULIS, Para Orang tua dan anak di Pasar Ngulak Kecamatan Sanga Desa Mulai Berburu Peralatan Sekolah (Foto Reno)--

SANGA DESA – Puluhan orangtua di Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin mulai mempersiapkan kebutuhan sekolah putra-putri mereka. Hal ini menyusul kian dekatnya waktu dimulai tahun ajaran baru 2022/2023 yang dimulai bulan Juli 2022 . 

Beragam perlengkapan serta peralatan sekolah pun, kini mulai diburu oleh warga. Hal ini seperti terlihat di Pasar Kalangan Ngulak, dimana lapak pedagang yang menjual perlengkapan sekolah seperti buku tulis, alat-alat tulis, sepatu, dan lain sebagainya sangat ramai diserbu warga. 

Angga (27) salah satu pedagang perlengkapan sekolah di pasar kalangan Ngulak mengatakan, peminat perlengkapan sekolah memang jauh lebih meningkat dibandingkan pada hari Selasa pekan lalu. 

“Kalangan kali ini memang jauh sekali peningkatan pembeli dibanding minggu lalu.  Minggu lalu paling hanya satu dua orang saja yang membeli. Kalau minggu ini memang sudah diprediksi bakal rame, sehingga stok barang yang dibawa pun cukup banyak. Ini saja, hampir separuh barang yang dibawa dari Sekayu tadi sudah laku terjual,” ungkapnya. 

Dari sisi harga yang ditawarkan saat ini menurut Angga masih tergolong normal, namun mendekati masa dimulainya tahun ajaran baru nanti ia memprediksi biasanya harga peralatan sekolah akan melonjak naik. 

“Harga masih normal-normal saja. Buku tulis masih di rentang harga antara Rp 20 ribu hingga Rp 35 ribu per bal nya, tergantung merk dan ketebalan buku. Pena, pensil, penghapus, juga rata-rata masih berada di harga Rp 20 ribu per kotak isi 10. Kemungkinan Minggu depan sudah tidak segitu harganya, karena biasanya akan semakin naik jika makin dekat waktu pembukaan sekolah,” terangnya. 

Sobirin (38) pedagang lain membenarkan mengenai akan naiknya harga perlengkapan sekolah, jelang dimulainya masa sekolah.  

“Kemarin saja saya ambil dari agen di Palembang harganya sudah naik Rp 2500 per bal untuk semua merk buku tulis. Jadi kemungkinan besar Minggu depan harga-harga nya akan kembali naik,” ujarnya. 

Emilia (40) warga desa Ngunang mengaku memilih membeli perlengkapan sekolah anak-anaknya lebih awal karena untuk menghindari kenaikan harga tersebut. 

 “Masuk sekolah memang masih lama, masih setengah bulan lagi. Tapi saya sengaja beli sekarang karena biasanya kalau sudah dekat-dekat waktu sekolah, harganya akan naik. Ini saja rencananya saya juga mau beli seragam, tetapi pedagang yang jualan seragam banyak yang tidak berjualan,” tuturnya. (ren)  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: