Pasrah, Semua Pakaian Hangus Terbakar, BPBD Muba Gerak Cepat Berikan Bantuan

Pasrah, Semua Pakaian Hangus Terbakar, BPBD Muba Gerak Cepat Berikan Bantuan

Pihak BPBD Muba menyerahkan bantuan kepada korban yang terkena musibah kebakaran (Foto Boim)--

PERISTIWA kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah di kawasan Jalan Lettu H.Nawawi Gapar RT.41 RW.10 Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, yang dihuni oleh Abu Bakar (29), kemarin Minggu (17/07/2022) sekira pukul 10.30 WIB. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Banyuasin dengan cepat menyalurkan bantuan berupa sembako dan pakaian. 

Boim – Sekayu 

Kepala BPBD Muba H Pathi Riduan ATD SE MM, mengatakan, ia memerintahkan kepada Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Logistik beserta staff untuk melakukan penyerahan bantuan kepada warga yang terdampak,  dengan rincian bantuan yang diberikan sebagai berikut : 1 Paket Perlengkapan Makan, 2. 1 Paket Sembako, 3. 1 Paket alat sekolah, 4. 1 Paket Perlengkapan Bayi, 5. 2 Buah Selimut. 

“Bantuan yang kita salurkan tersebut memang tidak seberapa, namun paling tidak untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, dan mengurangi beban yang dialami korban kebakaran, karena dari hasil laporan yang diterima, semua harta benda tidak bisa diselematkan dan hangus terbakar,” ujar Pathi

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah yang dihuni oleh Abu Bakar (27) warga Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu, Minggu (17/07/2022) sekira pukul 10.30 WIB. Ternyata saat itu dalam keadaan kosong ditinggal oleh sang penghuni. 

Dugaan sementara kebakaran terjadi disebabkan regulator penekan tabung LPG ukuran 3 Kg, mengalami kebocoran. 

"Saat kejadian kebakaran saya lagi bekerja di cucian mobil, dan ada yang menelpon, cepet pulang, Ado api di rumah, istri aku saat itu lagi pergi ke pasar," ungkap Abu Bakar (27) sang penghuni rumah tersebut

Mendengar itu, ia pun bergegas pulang ke rumah, namun apa daya bangunan rumah yang terbuat dari kayu dan papan, api dengan cepat melahap seluruhnya.

"Tidak sempat menyelamatkan barang barang, susu, pakaian seragam anak sekolah dan lainnya, karena kobaran api sudah membesar," ungkap Abu Bakar 

Adanya hal itu ia pasrah, dengan situasi dan kondisi yang ada. "Entah kami pasrah, mau bagaimana lagi, semuanya habis terbakar," ungkapnya dengan lirih          

Sementara, Camat Kecamatan Sekayu, M Taisir Gunawan SSos MSi, melalui Staf Trantib Kecamatan Sekayu, Salim mengatakan, 

"Semua sudah dilakukan pendataan, kerugian diperkirakan mencapai Rp 50 juta lebih, dan ini segera dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin, mudah-mudahan segera mendapatkan bantuan," ungkap nya.

Peristiwa kebakaran itu sendiri terjadi pada Minggu (17/07/2022) sekira pukul 10.30 WIB, pertama kali terlihat kepulan asap putih berasal dari bagian dapur rumah. 

Warga sekitar langsung menghubungi, Dua unit mobil PBK dan bersama Sat PO PP, Polsek dan TNI berusaha memadamkan kobaran api. (**) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: