Di Sanga Desa, Harga Cabai Kembali Turun

Di Sanga Desa, Harga Cabai Kembali Turun

CABAI, Pedagang Cabai di Kecamatan Sanga Desa (Foto Reno)--

SANGA DESA - Sempat naik di angka Rp 100 ribu per kilogram pada minggu kemarin, minggu ini harga cabai kembali mengalami penurunan sebesar Rp 15 ribu perkilogramnya. 

Terpantau di pasar kalangan Kemang, pagi ini, hampir semua pedagang menjual Cabai dengan harga Rp 85 ribu satu kilogram untuk jenis Cabai merah keriting. 

Sedangkan, untuk jenis cabai rawit hijau masih berada di angka Rp 70 ribu perkilogramnya sama seperti harga minggu lalu. 

“Minggu ini turun sedikit untuk harga cabe sekarang Rp 85 ribu sekilo dan seperempatnya itu Rp 23 ribu. Kalau minggu lalu, memang harga cabai merah itu sempat Rp 100 ribu, sedangkan Cabai Rawit Hijau tidak mengalami penurunan harga alias tetap di angka Rp 70 ribu perkilogram,” ujar Udin (34) salah satu pedagang di pasar Kalangan Kemang. 

Sementara itu, beberapa jenis sayuran mengalami hal sebaliknya. Sayuran jenis Oyong atau Gambas  justru mengalami kenaikan harga cukup signifikan, dan mencapai lebih dari 50 persen  

“Sayur Oyong atau Gambas naik tinggi sekali harganya. Hampir separoh lebih kenaikannya, minggu kemarin masih di angka Rp 7 ribu perkilogram tapi minggu ini naik ke harga Rp 15 ribu perkilogramnya,” terang Tazar (27) pedagang sayur. 

Menurutnya, kenaikan harga sayuran ini dikarenakan faktor cuaca sekarang yang sering hujan. “Mungkin karena faktor cuaca yang hujan terus ini, sehingga petani menunda panen hasil kebun merea. Jadinya stok sayuran menurun jumlahnya, sehingga harganya jadi naik jauh,” jelasnya. (ren)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: