Usaha Penyebrangan Perahu Getek, Pendapatan Jadi Dua Kali Lipat

Usaha Penyebrangan Perahu Getek, Pendapatan Jadi Dua Kali Lipat

RAMAI, Penyebrangan Perahu Getek di Desa Keban II Kecamatan Sanga Desa terlihat ramai (Foto Reno).--

SANGA DESA – Intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir ternyata membawa berkah tersendiri bagi para pemilik usaha penyebrangan perahu getek di Desa Keban II Kecamatan Sanga Desa. Pasalnya disaat-saat seperti itu aktivitas penyeberangan menggunakan perahu getek menjadi ramai.  

Hal ini dikarenakan akses jalan darat menuju daerah Macang Sakti melalui Jembatan Muara Rawas tidak bisa dilalui, sebab jalan yang ada menjadi sangat becek dan berlumpur. Satu-satunya akses tercepat yang bisa digunakan masyarakat adalah menggunakan jasa penyeberangan di Desa Keban II. 

Pemilik usaha penyebrangan perahu getek pun membenarkan  sejak memasuki musim hujan. Terjadi peningkatan jumlah masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan. 

“Saat cuaca sering hujan seperti ini jumlah penumpang mulai meningkat, bahkan jumlah nya hampir dua kali lipat dibandingkan hari biasa. Hal ini dikarenakan masyarakat yang bekerja di daerah Macang Sakti seluruhnya beralih menggunakan Perahu Getek, sebab jalan darat melalui Muara Rawas tidak bisa lagi dilewati,” ungkap Arif (30) pemilik Perahu Getek saat dibincangi kemarin.  

Menurutnya, pendapatan yang ia peroleh pun saat ini juga mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dibandingkan saat musim kemarau.  

“Alhamdulillah dari segi pendapatan itu ada peningkatan, seminggu ini saja setiap hari bisa dapat sekitar Rp 400 ribu per hari. Padahal di hari biasa saat musim kemarau itu cuma bisa dapat maksimal Rp 150 ribu,” terangnya. 

Marsudi (40) salah satu warga Desa Air Itam yang sempat dibincangi  harianmuba.com ini di lokasi penyeberangan membenarkan mengenai kondisi jalan menuju desa Macang Sakti melalui Jembatan Muara Rawas yang saat ini tidak bisa dilalui. 

“Kalau musim hujan seperti ini jalan yang bisa dilalui hanya lewat penyeberangan sini atau memutar jauh melalui Simpang PT Pinago Utama di Mangun Jaya. Ya, daripada memutar jauh mending nyebrang lewat sini saja,” tuturnya. (ren)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: