Jumlah Pesanan Perahu Meningkat

Jumlah Pesanan Perahu Meningkat

PERAHU, Pembuat Perahu di Kecamatan Sanga Desa (Foto Reno)--

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM, – Pasangnya debit air Sungai Musi ternyata membawa berkah tersendiri bagi sebagian masyarakat di Kecamatan Sanga Desa. Salahsatunya yakni bagi mereka yang berprofesi sebagai pembuat perahu. 

Pasalnya, pada saat musim air sungai pasang pesanan pembuatan perahu meningkat cukup banyak. Dalam satu bulan para pengerajin perahu bisa mendapatkan pesanan hingga 4 buah perahu, hal seperti yang dikatakan oleh Ropik (37) pengrajin perahu asal Desa Ulak Embacang 

“Alhamdulillah saat musim pasang atau menjelang musim pasang ini,  biasanya pesanan perahu akan jauh meningkat. Sejak Agustus hingga September 2022 ini saja sudah ada belasan yang memesan untuk dibuatkan perahu,” ujarnya. 

Untuk satu buah perahu menurut Ropik, dirinya mematok tarif jasa sebesar Rp 100 ribu per meter, dengan bahan-bahan seperti kayu dan papan sepenuhnya berasal dari pemesan. 

“Upah pembuatan perahu itu Rp 100 ribu per meter, kalau untuk Perahu Ketek itu Rp 170 ribu per meter sebab proses nya jauh lebih rumit. Saat ini yang paling banyak di pesan itu Perahu Getek,” jelasnya. 

Lebih lanjut ia pun mengatakan, untuk menyelesaikan satu buah perahu dirinya membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 hari. 

“Waktu penyelesaian itu bergantung pada panjang pendeknya perahu. Kalau pendek ya cepat selesai, sebab proses sugu papan nya tidak membutuhkan waktu lama,” katanya. 

Sementara itu Rudi (45) warga desa yang sama mengatakan bahwa perahu buatan Ropik terbilang cukup bagus. 

“Menurut saya buatan nya cukup bagus, tahan lama, dan tidak cepat rusak. Perahu punya saya saja yang pesan disini sudah berapa tahun belum rusak,” tutupnya. (ren)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: