Tanamkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Tanamkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Pramuka SMP Perintis Ngulak Kecamatan Sanga Desa bersama Pramuka SMAN I Sanga Desa lakulan penghijauan. Foto : Reno--

SANGA DESA – Pramuka SMP Perintis Ngulak Kecamatan Sanga Desa bersama Pramuka SMA Negeri 1 Sanga Desa,  melakukan aksi penghijauan dengan menanam puluhan batang pohon dilingkungan sekolah mereka.

Aksi positif ini digelar kemarin, sebagai upaya menanamkan rasa kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan kepada segenap anggota Pramuka, sekaligus dalam rangka pengambalin TKK Juru Kebun.

Kepala SMP Perintis Ngulak Asuanur Fahmi, S.Pd yang sekaligus Pembina Pramuka SMA Negeri 1 Sanga Desa mengatakan, aksi tanam pohon ini adalah wujud kepedulian para anggota pramuka terhadap alam sekitar. Sekaligus upaya mengurangi dampak pemanasan global yang terjadi saat ini. 

“Penghijauan lingkungan sekolah dengan menanam pohon ini sendiri, memang sudah menjadi agenda dari Pramuka SMP Perintis Ngulak dan Pramuka SMA Negeri 1 Sanga Desa yang merupakan rangkaian dari program Pramuka Peduli Lingkungan. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk menanamkan kesadaran kepada seluruh anggota, akan pentingnya pohon dalam kehidupan. Misalnya saja untuk mengurangi efek pemanasan global yang ada,” ungkapnya. 

Menurutnya,  melalui aksi penanaman puluhan bibit Pohon Palem dan Ketapang Mini ini, siswa juga diajarkan bahwa keberadaan pepohonan dapat mengembalikan keseimbangan ekosistem yang ada.  

“Setelah melakukan penanaman pohon, tadi para siswa juga kita berikan penjelasan bahwa banyak manfaat dari melakukan penghijauan ini misalnya berguna untuk mengembalikan keseimbangan ekosistem. Selain itu mereka juga dijelaskan bagaimana dampak buruk melakukan penebangan hutan secara liar, dan pembakaran lahan,” jelasnya. 

Sehingga selanjutnya, menurut pria yang juga Guru Matemamatika ini, diharapkan kedepan bisa timbul rasa kecintaan dan kepedulian para siswa terhadap lingkungan. 

 “Harapannya tentu saja agar para siswa bisa cinta lingkungan dan peduli untuk menjaga kelestarian alam,” harapnya.(ren)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: