5 Khasiat Rumput Gandum Yang Harus Anda Ketahui

5 Khasiat Rumput Gandum Yang Harus Anda Ketahui

--

HARIANMUBA. COM,  - Rumput Gandum adalah jenis rumput yang termasuk dalam Genus Triticum aestivum. Tumbuhan ini juga disebut darah hijau karena kandungan klorofilnya yang sangat tinggi. Wheatgrass tumbuh secara alami di  Amerika dan Eropa. 

Wheatgrass  tumbuh dengan baik baik di luar maupun di dalam ruangan. Tanaman herba ini  dipanen pada awal pertumbuhannya, sebelum dewasa sepenuhnya. Wheatgrass biasanya dipanen 7-10 hari setelah tanaman berkecambah. 

Manfaat Rumput Gandum untuk Kesehatan 

Sekitar 70 persen rumput gandum mengandung klorofil, yang membuat tanaman ini menjadi pilihan yang baik dalam pengobatan alternatif. Klorofil sendiri merupakan zat warna atau pigmen yang  terdapat pada tumbuhan hijau. 

Kandungan klorofil yang serba guna untuk kesehatan dan kandungan antioksidannya sangat baik untuk mencegah penyakit kronis. Misalnya sakit saraf, kanker, jantung dan persendian yang sering menyerang lansia. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari rumput gandum: 

Membantu Menurunkan Kolesterol 

Rumput gandum dikatakan memiliki efek yang mirip dengan atorvastatin, obat yang biasa diresepkan oleh dokter untuk mengobati kolesterol tinggi.

Penelitian di Eksperimental dan Metode Farmakologi Klinis dan Kesimpulan menyatakan bahwa ramuan ini dapat membantu menurunkan  trigliserida dan kadar kolesterol darah tinggi, yang disebabkan oleh peradangan yang menyerang jaringan tubuh.

Namun, penelitian ini masih terbatas pada hewan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efeknya pada manusia. 

Mengobati Peradangan Usus Besar 

Klorofil yang terkandung dalam rumput gandum memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat. Senyawa ini dapat memblokir aktivitas protein tertentu yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. 

Sebuah studi di Scandinavian Journal of Gastroenterology dengan 23 peserta menunjukkan efek mengonsumsi jus rumput gandum pada orang dengan kolitis ulserativa atau radang usus besar. 

Dalam sebuah penelitian, seorang pasien mengkonsumsi 100 mililiter jus selama kurang lebih satu bulan. Hasilnya, rumput gandum  efektif mengurangi peradangan  usus besar dan pendarahan di area anus. 

Mengoptimalkan Pengobatan Kanker 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: