Ini Dampak Buruknya, Sering Makan Mie Instan

Ini Dampak Buruknya, Sering Makan Mie Instan

Mie instan --

HARIANMUBA. COM,  - Siapa tidak suka mi instan? Semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Bahkan orang sakit pun jika ditawari mi instan, pasti akan mengangguk. Mi instan dikenal sebagai makanan praktis pengganti makan pagi atau malam. 

Mi instan biasanya dikonsumsi anak kuliah yang ngekos. Namun, tahukah Anda terlalu sering mengonsumsi mi instan memiliki dampak negatif bagi organ tubuh. Bumbu buatan dan pengawet kimia, yang semakin membahayakan kesehatan tubuh.

Bagi Anda yang kerap menyantap mi instan ini harus tahu apa saja bahaya dari mengonsumsinya.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Mengganggu pencernaan

Mi instan bisa menghambat nutrisi untuk masuk ke dalam tubuh, akibatnya pencernaan akan menjadi terganggu. Agar pencernaan bisa berjalan dengan baik, memerlukan bantuan mineral dan nutrisi yang banyak. Akibat terganggunya pencernaan ini, akan membuat Anda berisiko mengalami sembelit, kembung, dan usus bocor.

2. Tekanan darah tinggi

Mi instan mengandung sodium yang bisa merangsang peningkatan tekanan darah. Bagi Anda yang sudah mengalami tekanan darah tinggi akan sangat berbahaya jika sering mengonsumsi mi instan. 

3. Memicu kanker 

Kanker merupakan penyakit kronis mematikan nomor satu di dunia, yang tentunya ditakuti oleh banyak orang. Namun, jika terlalu sering makan mi instan, kamu akan berisiko lebih besar lagi terkena kanker. Bahan-bahan kimia dan pengawet yang ada pada mi instan bisa memicu sel kanker menjadi aktif. 

4. Obesitas

Terlalu sering mengonsumsi mi instan bisa menyebabkan kamu terkena obesitas. Karena mi instan mengandung banyak kalori dan karbohidrat. Selain itu, makan mi instan hanya akan memberikan efek kenyang yang bersifat sementara saja. Padahal, kandungan lemak, kalori dan karbohidratnya yang ada pada mi instan sudah banyak. Akibat dari efek rasa lapar ini akan membuat kamu cenderung makan lebih banyak dari biasanya.

5. Meningkatkan kolesterol

Kandungan garam yang tinggi pada mi instan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Terlalu sering mengonsumsi mi instan akan membuat kamu rentan terkena kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: