Pj Bupati Muba Resmikan Layanan Internet VSAT STAR- Telkom Indonesia di Lalan, Pertama di Pulau Sumatera

Pj Bupati Muba Resmikan Layanan Internet VSAT STAR- Telkom Indonesia di Lalan, Pertama di Pulau Sumatera

Siswa di Kecamatan Lalan kini lebih mudah internet--

LALAN,HARIANMUBA.COM,- Tidak hanya percepatan pembangunan infrastruktur dan pembenahan jaringan listrik, namun Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud juga melalukan percepatan Pembangunan Infrastruktur jaringan internet ke seluruh Kecamatan dan desa di Muba.

Program percepatatan Transformasi Digital di Kabupaten Musi Banyuasin kali ini, Pemkab Muba Kerjasama dengan PT Telkom Indonesia Membangun jaringan internet VSat Star produk SpaceX Elon Musk, berupa jaringan internet satelit untuk percepatan layanan ineternet bagi warga Lalan. 

Tak tanggung-tanggung, Pemkab Muba melalui Dinas Kominfo Muba memfasilitasi jaringan internet starlink yang merupakan jaringan internet produk Space X - Starlink Elon Musk.

Ini merupakan kali pertama jaringan Internet Telkom Vsat Star Pertama dilakukan di Pulau Sumatera tepatnya Kecamatan Lalan Kabupaten Muba Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Pemkab Muba Hadiri High Level Meeting (HLM) dan Rakor TPID Tingkat Provinsi

"Layanan internet starlink ini dipusatkan di Kantor Kecamatan, namun warga Lalan bisa memanfaatkannya untuk mengakses internet," ungkap Pj Bupati Apriyadi Mahmud di sela Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Desa dan Ketua TP. PKK Desa dalam Wilayah Kecamatan Lalan Periode 2022 - 2028, Senin (12/12/2022). 

Ia berharap, meski berada di kawasan Paling ujung daerah perairan Musi Banyuasin, namun Pemkab memberikan pelayanan Pembangunan yang merata, termasuk Kecamatan Lalan harus mendapatkan perhatian yang sama dengan Kecamatan Lainnya. 

"Dengan menginap di Lalan ini saya lebih tahu detail kondisi warga Lalan, listrik dan jalan infratsukutur Jaringan internet dan Layanan BTS Provider menjadi PR prioritas saya, Insya Allah dalam waktu dekat solusinya ada dan nyata. Soal listrik beri waktu saya enam bulan, kita janjikan akan lebih stabil nantinya," ungkapnya. 

Sementara itu, Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP menyebutkan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan jaringan akses koneksi internet di seluruh wilayah kecamatan, Pemkab Muba bersama pihak Telkom melakukan pembangunan jaringan fiber optik ke 13 kecamatan, serta pemasangan internet satelit Vsat dan Vsat star untuk 2 kecamatan yakni Kecamatan Lalan dan Keluang.

BACA JUGA:Petani Lalan Curhat ke Pj Bupati Apriyadi Soal Pupuk Subsidi

"Nah, untuk layanan internet Vsat star (Starlink) hari ini telah diresmikan langsung oleh Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi yang dipusatkan di kantor Kecamatan lalan Dan saat ini layanan internet Vsat Star sudah on dan dapat diakses dan dipergunakan untuk layanan internet yang langsung akses ke satelit oleh Pemerintah kecamatan dan warga Kecamatan Lalan " tukasnya.

Selain itu Kecamatan lalan juga akan segera dibangun BTS oleh pihak provider Telkomsel antara lain di  Desa Mulya Jaya, Desa Ringin Agung, Desa Karang Makmur, Desa Mekar Sari, Desa Tri Mulya Agung, Desa Karya Mukti, Desa Sari Agung, Desa Srigading.

"Saat ini masih dalam tahap proses perencanan pihak telkomsel," ungkap Sinulingga. 

Camat Lalan, Andi Suharto SSTP MSi mengucapkan Terima kasih atas kunjungan Pj Bupati Apriyadi bersama Forkopimda dan juga menginap semalam di Lalan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: