Jelang Akhir Tahun, Jumlah Penumpang Meningkat

Jelang Akhir Tahun, Jumlah Penumpang Meningkat

Suasana Angkutan Alami Peningkatan Menjelang Nataru (Foto Reno)--

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM, - Momen akhir tahun menjadi waktu yang ditunggu oleh para penggiat angkutan umum atau bis Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

 Pasalnya, mereka bisa meraup rejeki yang lebih banyak dari biasanya dikarenakan meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan angkutan umum.  

Peningkatan penumpang ini didominasi oleh siswa sekolah yang akan mengisi libur semester   di kota Palembang. 

"Memang sejak hari Minggu kemarin,  sudah mulai ada peningkatan penumpang. Hal ini sudah lumrah setiap tahunnya, jika mendekati momen pergantian tahun. Apalagi beberapa sekolah saat ini ada yang sudah libur," ungkap Rici (22) salah satu kernet bis AKDP di Babat Toman saat dibincangi, Senin (19/12). 

Senada yang disampaikan Rici, Yan (50) Kondektur bis AKDP tujuan Sanga Desa - Palembang juga menyampaikan hal serupa. 

"Biasanya setahun itu ada  2 kali penumpang membludak, Pertama arus mudik Idul Fitri, kedua saat akhir tahun seperti ini. Biasanya kalau akhir tahun seperti ini kebanyakan anak sekolah yang menjadi penumpang kita, karena mereka biasanya liburan ke kota palembang," terangnya. 

Iapun memprediksi puncak arus lonjakan penumpang ini akan terjadi sekitar tanggal 30 hingga 31 Desember 2022 nanti. 

 "Puncaknya itu sekitar tanggal 30 nanti. Kadang banyak penumpang yang terpaksa, bahkan tidak terangkut akibat keterbatasan armada yang beroperasi," jelasnya. (ren)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: