Jelang Tahun Baru, Harga Jagung Merangkak Naik

Jelang Tahun Baru, Harga Jagung Merangkak Naik

Penjual Jagung di Pasar Kalangan Ngulak --

SANGA DESA, HARIANMUBA. COM, - Pergantian tahun baru 2023 tinggal menghitung hari lagi, hal ini rupanya mulai berdampak pada beberapa harga komoditas di pasar tradisional. Misalnya, harga Jagung Manis yang saat ini mulai merangkak naik.

Terpantau di Pasar Kalangan Ngulak, harga Jagung Manis kini berada diangka Rp 9 ribu perkilogram. Harga ini lebih tinggi Rp 2 ribu perkilogram, jika dibandingkan harga pekan lalu yang hanya berada diangka Rp 7 ribu perkilogram.

Yana (42) penjual Jagung di Pasar Kalangan Ngulak menuturkan bahwa naiknya harga Jagung karena dipengaruhi oleh naiknya permintaan dari masyarakat jelang tahun baru.

"Saat tahun baru kan tidak afdol kalau tidak bakar jagung. Jadi permintaannya akan meningkat seiring makin dekatnya pergantian tahun, sehingga harganya juga turut naik. Hal ini sudah lumrah setiap tahunnya," ujar Yana.

Saat ditanya berapa banyak jagung yang sudah terjual selama ia menggelar dagangannya di Pasar Kalangan Ngulak, ia mengaku bahwa jagung dagangannya sudah laku sekitar 1 kuintal.

"Alhamdulillah sudah habis sekitar 2 karung, artinya sekitar satu kuintal sudah habis terjual," ungkapnya.

Sementara itu salah seorang pengunjung Pasar Kalangan Ngulak yakni Nova (29) warga Desa Ngulak II, mengaku sengaja membeli Jagung lebih awal guna menghindari naiknya harga saat mendekati pergantian tahun.

"Kalau beli minggu depan sudah pasti harganya naik, tahun kemarin saja harga jagung sempat melambung di harga Rp 15 ribu perkilogram," tukasnya.(ren)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: