Minum Kopi Hitam Jangan berlebihan, Ini Efek Sampingnya

Minum Kopi Hitam Jangan berlebihan, Ini  Efek Sampingnya

kopi hitam--

HARIANMUBA.COM,-- Segala sesuatu hendaknya dilakukan dengan wajar bila berlebihan tentunya kurang baik. Termasuk juga bila kita minum kopi hitam, bila dikonsumsi sekedarnya  tentunya banyak memberikan manfaat.

Namun bila berlebiih akan menimbulkan efek samping dan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Nah berikut ini efek samping bila kita minum terlalu berlebihan kopi hitam :  

1. Kesulitan tidur

Hem, banyak minum kopi tentunya akan mengalami kesulitan untuk tidur, terutama mereka yang umurnya lebih dari 30 tahunTerlalu banyak minum kopi hitam dapat menyebabkan sulit tidur. Kurangnya waktu tidur akan membuat Anda mengantuk di siang hari dan menurunkan produktivitas.

Oleh karena itu, batasi asupan kopi hitam dan usahakan untuk tidak meminumnya 6 jam sebelum waktu tidur, agar tidak mengganggu waktu istirahat Anda.

2. Gelisah

Rasa gelisah atau cemas juga bisa muncul ketika Anda mengonsumsi kopi hitam secara berlebih. Tujuan awal mengonsumsi kopi hitam adalah karena efek stimulannya. Namun, jika dikonsumsi secara berlebih, kopi hitam justru akan menyebabkan kegelisahan dan kecemasan.

3. Sakit perut

Kopi hitam dipercaya dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika dikonsumsi secara berlebih, kopi hitam dapat memperburuk kondisi penyakit asam lambung (GERD).

Terlalu banyak minum kopi hitam juga dapat menyebabkan sakit perut dan nyeri ulu hati, serta mempercepat kontraksi usus yang mengakibatkan diare.

3. Jantung berdebar

Efek samping lain yang bisa muncul akibat terlalu banyak mengonsumsi kopi hitam adalah jantung berdebar. Kafein dalam kopi hitam akan merangsang jantung berdetak lebih cepat. Oleh karena itu, konsumsilah kopi dalam jumlah sewajarnya.

4. Sering buang air kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: