6 Fakta Menarik tentang Senjang yang Harus Kamu Tahu

6 Fakta Menarik tentang Senjang yang Harus Kamu Tahu

Kesenian senjang budaya aslu suku musi banyuasin----

SEKAYU, HARIANMUBA.COM - Musi Banyuasin sama seperti daerah lain nya di Indonesia memiliki kesenian tradisional yang mencari ciri khas.

Untuk kabupaten yang berjuluk Serasan Sekate ini salah satu kesenian yang sudah mencari ciri khas adalah Senjang.

Senjang adalah salah satu bentuk kesenian yang menggunakan media pantun, secara bersahutan antara dua orang atau berpasangan.Namun demikian dapat juga ditampilkan secara tunggal. 

Senjang dibangun oleh tiga unsur yaitu musik instrumental, lagu vokal dari syair pantun yang dilantunkan, dan tarian, namun ketiga unsur tersebut masing-masing berdiri sendiri.

BACA JUGA:Sumur Minyak di Keban Terbakar, Polres Muba Amankan Pemilik Sumur Bor

 

Artinya tidak saling berhubungan seperti pada umumnya sebuah pertunjukan. Saat vokal dari syair pantun senjang dilagukan oleh pe-senjang, musik instrumental diam, begitupun sebaliknya saat musik instrumental senjang dimainkan oleh pemusik, vokal dari pe-senjang diam. Pe-senjang hanya bergerak menari-nari mengikuti irama musik senjang.

Berikut ini harianmuba.com telah merangkum 6 Fakta mengenai Senjang dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Sumur Minyak di Keban Terbakar, Polres Muba Amankan Pemilik Sumur Bor

 

1. Senjang Lahir dari Kebiasaan Masyarakat Daerah Talang

Senjang lahir dari hasil dari kebiasaan masyarakat yang hidup didaerah Talang. Penduduk didaerah talang cenderung memiliki karakteristik yang sangat mencolok mulai dari cara berbicara, adat istiadat dan juga tata cara hidup mereka sehari-hari. 

Dari daerah talang senjang baru menyebar ke daerah Sekayu dan sekitarnya karena Sekayu merupakan daerah rendah.

Daerah talang yang disebutkan di dalam ini adalah daerah sungai Keruh, daerah inilah senjang pertama kali lahir dikarenakan dilihat dari topografi daerahnya daerah sungai Keruh merupakan daerah yang berbukit sehingga daerah Sungai Keruh merupakan daerah yang kering dan tidak adanya rawa-rawa dan juga daerah talang merupakan daerah yang tidak di pengaruhi oleh pasang surut air sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: