Mengenal Tanaman Bonsai, Mulai Semarak di Sekayu

Mengenal Tanaman Bonsai,  Mulai Semarak di Sekayu

Tanaman Beringin yang akan dibonsaikan. Foto : Dok hmb --

HARIANMUBA.COM,  Semakin hari tanaman bonsai yang dulunya kurang ditoleh masyarakat khususnya di Sekayu, namun kini lambat laun mulai digemari. Komunitas pencinta bonsai pun bermunculan.

Yok .mengenal lebih jauh apa itu bonsai?  Bonsai  adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. 

Penanaman  dilakukan di pot dangkal ssehingga mudah mudah ditraining. 

BACA JUGA:Ini Dia, 2 Tempat Jogging Favorite di Sekayu, Akhir Pekan Ramai Dikunjungi

BACA JUGA:Seharian Muba Sejuk, Berikut Prakiraan Cuaca Sumsel Minggu 8 Januari 2023

Merupakan tanaman berkayu (berbatang keras). Memiliki akar tunjang (sulur), seperti beringin. Memiliki permukaan kulit (tekstur) menarik seperti pinus dan asam

Bonsai membutuhkan asupan air, cahaya matahari, dan angin yang cukup. Karena ditanam dalam pot, tanaman bonsai harus disiram secara rutin dan teratur. 

Untuk bonsai ukuran kecil setidaknya perlu disiram dua kali sehari. Sementara bonsai berukuran besar, cukup satu kali sehari yang dilakukan pada sore hari.

BACA JUGA:Muba Jadi 3 Kabupaten? Ini Kecamatan yang Pernah Diusulkan Jadi Daerah Otonomi Baru

Bonsai Pinus menjadi tanaman termahal karena faktor usia yang mencapai lebih dari seabad.

Seperti yang diinfokan oleh Bonsai Tonight, harga Bonsai Pinus dapat mencapai antara US$ 50 hingga US$ 1,3 juta atau setara dengan Rp700.000 hingga Rp 18,5 miliar.13 Jul 2022

Bonsai yang paling diminati pasar internasional adalah bonsai cemara udang dan black pine bahkan banyak permintaan ekspor.. 

Pohon bonsai dikatakan sempurna jika biasanya memiliki tinggi antara 50-60 cm, antara akar, batang, daun, dan rantingnya seimbang. (berbagai sumber) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: