Asal Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin, Mulanya Terdiri 2 Kewedanan. Apa itu

Asal Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin, Mulanya Terdiri 2 Kewedanan. Apa itu

tugu Sekayu. Dok HMB--

SEKAYU, HARIANMUBA.COM,- Kabupaten Musi Banyuasin memiliki sejarah panjang sebelum terbentuk seperti sekarang. 

Mulanya Kabupaten  yang  letaknya   diantara 1,5 derajat Lintang Selatan dan 103 derajat Bujur Timur ini, berasal dari dua daerah kewedanan. 

Dua kewedanan itu (dikutip dari buku pergolakan pergolakan diderah Musi Banyuasin, penulis Drs H Yusman Haris)  yaitu kewedanan Musi Ilir dan kewedanan Banyuasin. Saat itu penduduknya sekitar 300.000 jiwa 

 Karena syarat mendirikan sebuah kabupaten jumlah penduduknya minimal 300 ribu jiwa ,maka  dua kewedanaan tersebut digabungkan menjadi satu, sehingga terbentuklah Kabupaten Musi Banyuasin dengan ibu kotanya Sekayu,  atau lebih kurang 125 km dari kota Palembang.

Kabupaten Musi Banyuasin waktu itu terdiri dari 31 marga dan 20 kecamatan yaitu 9 kecamatan di daerah Musi Ilir dan 11 kecamatan di daerah Banyuasin. Walaupun ibu kota Kabupaten Musi Banyuasin ditetapkan di kota Sekayu, tetapi nyatanya pusat pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin berkedudukan di Kota Palembang, sehingga dengan demikiaan Sekayu sebagai ibu kota Kabupaten menjadi terabaikan dalam segala segi Pembangunan.

Di dalam rentang waktu lebih kurang 45 tahun penduduk Kabupaten Musi banyuasin bertambah banyak, meningkat dengan tajam, sebab daerah ini ditetapkan sebagai daerah penerima transmigrasi dari daerah Jawa, Bali dan sebagainya.

Karena timbulnya pergolakan-pergolakan daerah, maka ibu kota Kabupaten Musi Banyuasin dipindahkan dari kota Palembang ke Sekayu, yaitu semenjak Usman Bakar terpilih menjadi Bupati.

Oleh karena itu daerah Kabupaten Musi Banyuasin sangat luas, hamper seluas Provinsi Jawa Tengah dan penduduknya telah meningkat satu juta jiwa lebih, maka sudah saatnya Kabupaten Musi Banyuasin ini dimekarkan menjadi dua kabupaten. Lantas terbentuklah Kabupaten Musi Banyuasin. 

Wilayah kedua kabupaten itu kembali lagi  ke wilayah eks kewedanaan Musi Ilir dan wilayah eks kewedanaan Banyuasin 

Daerah kabupaten Musi Banyuasin ibu kotanya tetap di Sekayu sedangkan ibu kota kabupaten Banyuasin ditetapkan di Pangkalan Balai

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: