Harga Ayam Potong Merosot Tajam, Ini Penyebabnya

Harga Ayam Potong Merosot Tajam, Ini Penyebabnya

Pedagang Ayam Potong di Kecamatan Sanga Desa (Foto Reno)--

SANGA DESA , HARIANMUBA.COM, – Turunnya permintaan masyarakat terhadap daging Ayam Potong di pasaran pasca perayaan Natal dan Tahun Baru, membuat harga Ayam Potong terus merosot tajam.

Dalam satu minggu terkahir,  tercatat harga daging Ayam Potong telah beberapa kali mengalami penurunan.

Pantauan   di Pasar Kalangan Terusan, harga daging ayam potong yang dijual di pasaran berada di angka Rp 30 ribu perkilogram. 

Harga ini turun sebesar Rp 8 ribu jika dibandingkan dengan harga jual saat akhir tahun 2022 lalu yang mencapai Rp 38 ribu perkilogram.

BACA JUGA:Daftar Kekayaan Wakil Gubernur di Pulau Sumatera, Kira-kira Wagup Provinsi Mana di Posisi TeratasBACA JUGA:Daftar Kekayaan Wakil Gubernur di Pulau Sumatera, Kira-kira Wagup Provinsi Mana di Posisi Teratas

BACA JUGA:Data Pasien RSUD Sekayu Dicuri Hacker, Laporkan ke Cyber Crime Polda Sumsel

Lendi salahsatu penjual ayam potong di Pasar Kalangan Terusan mengatakan, turunnya harga jual ayam potong karena dipengaruhi oleh turunnya minat beli masyarakat yang ada.

“Selain dari faktor pembeli yang turun, jumlah pasokan ayam dari para pemilik kandang ke pasar-pasar yang meningkat juga membuat harga ayam potong jadi turun Saat ini stok ayam di pasaran bisa dikatakan sangat banyak,” ungkapnya.

Ia menuturkan,  tingginya stok ayam ini disebabkan para pemilik kandang yang terpaksa menjual ayam ternakan mereka karena untuk menghindari kerugian akibat naiknya harga pakan.

“Katanya saat ini harga pakan naik juga, sehingga untuk meminimalisir kerugian jadi para pemilik kandang terpaksa menjual ayam-ayam mereka,” ujarnya.

BACA JUGA:Harga BBM Kembali Turun Rp 2.150/Liter, Berikut Daftar Harga Terbaru di SPBU

Sementara itu Beni (27) penjual ayam potong lainnya meenuturkan bahwa turunnya permintaan ayam potong di masyarakat karena disebabkan banyaknya pasokan lauk alternatif seperti Ikan dan komoditas hasil laut .

“Biasanya dalam satu minggu itu minimal 2 kuintal pesanan ayam. Tapi seminggu ini nihil pesanan dalam jumlah besar," tuturnya 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: