Dipasar Kalangan, Harga Bumbu Dapur Tetap Stabil

Dipasar Kalangan,  Harga Bumbu Dapur Tetap Stabil

Pedagang di pasar kalangan Desa Terusan yang berjualan bumbu dapur--

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM,  – Disaat beberapa jenis komoditas bumbu dapur seperti bawang dan cabai mengalami kenaikan harga dalam beberapa pekan terakhir. Bumbu dapur jenis rimpang seperti Lengkuas, Kunyit, Jahe, dan Kencur justru tidak mengalami perubahan harga.

Berdasarkan keterangan pedagang di Pasar Kalangan Terusan,  harga bumbu dapur jenis rimpang selama dua bulan terakhir terpantau stabil.

Saat ini bumbu dapur seperti Lengkuas, Kunyit, Jahe, dan Kencur dijual dengan harga antara Rp 6 ribu – Rp 20 ribu perkilogram.

Salah seorang penjual bumbu dapur di Pasar Kalangan Terusan Asia (50) merincikan, saat ini harga Lengkuas atau Laos dan Kunyit dijual dengan harga Rp 10 ribu perkilogram. Jahe Putih dijual dengan harga Rp 15 ribu perkilogram, sedangkan Jahe Merah dijual seharga Rp 20 ribu perkilogram.

BACA JUGA:Membanggakan, Warga Desa Ekstransmigrasi di Musi Banyuasin Ini Gotong Royong Bangun Jembatan

 “Untuk harga paling murah sekarang hanya Kencur dan Serai, harga Kencur saat ini Rp 6 ribu perkilogram sedangkan Serai dijual dengan harga Rp 2 ribu per ikat isi 5 batang,” katanya.

 Ia mengatakan, stabil nya harga jual bumbu dapur ini disebabkan, karena belum adanya peningkatan permintaan dari masyarakat dalam jumlah besar.

 “Ya, karena saat ini belum banyak masyarakat yang mengadakan pesta atau hajatan jadi permintaan bumbu dapur masih belum meningkat. Mungkin kalau sudah diperbolehkan lagi hajatan atau pesta permintaan bumbu dapur akan kembali naik, dan harga nya juga akan ikut naik,” tuturnya.

BACA JUGA:Ratusan PPS Musi Banyuasin Dilantik, Ini Pesan Pj Bupati

 Sementara itu Leni (36) salah satu pembeli di Pasar Kalangan Terusan mengaku bersyukur harga bumbu dapur tidak mengalami kenaikan seperti hal nya kebutuhan pokok lain.

 “Bersyukur masih ada harga kebutuhan yang belum naik. Sebab sejak minggu lalu harga kebutuhan mulai dari bawang, cabai, ayam potong, hingga gas LPG itu mengalami kenaikan. Harapan saya kepada pemerintah bisa turun tangan dalam menstabilkan harga beragam kebutuhan sehari-hari yang dijual di pasaran saat ini,” tukasnya. (ren)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: