Hasil Swadaya, Serahkan Bantuan 1000 Bibit Cabai

Hasil Swadaya, Serahkan  Bantuan  1000 Bibit Cabai

CABAI, Terima Bantuan Bibit Cabai (Foto Reno)--

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM - Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Sanga Desa,  berikan bantuan  sebanyak 1000 Bibit Cabai kepada Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kecamatan Sanga Desa. 

Ribuan bibit Cabai tersebut merupakan sumbangsih swadaya dari para penyuluh, staf, dan petugas yang ada di BPP Kecamatan Sanga Desa.

Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Sanga Desa Dedi Damhudi, SP MSi ketika dikonfirmasi, menerangkan,  sumbangan bibit cabai untuk masyarakat Kecamatan Sanga Desa yang disalurkan melalui TP PKK Kecamatan tersebut merupakan bentuk nyata partisipasi BPP Kecamatan Sanga Desa pada Gerakan Tanam Cabai yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

"Sekaligus kita mendukung program ketahanan pangan baik yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin ataupun yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan," ujar Dedi.

Lebih lanjut menurutnya, bibit cabai tersebut untuk mekanisme pembagian kepada masyarakat, pemeliharaan hingga produktif nanti, sepenuhnya diserahkan kepada TP PKK Kecamatan Sanga Desa.

"Nanti biar TP PKK Kecamatan Sanga Desa yang mengatur mana bagusnya," ungkapnya.

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) secara resmi mengeluarkan Surat Edaran Nomor : B-500/10/V/2023 Tentang Pemanfaatan Lahan Perkarangan Dalam Pelaksanaan Gerakan Tanam Cabai Merah Serta Tanaman Pangan Lainnya.

Gerakan tersebut dimasifkan Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud dengan menyasar seluruh staf dan pegawai di lingkungan Pemkab Muba, Sekolah jenjang SD-SMP, Dinas PMD melalui TP PKK, Puskemas dan Poskesdes, dan Camat Lurah hingga Kades.

“Kita harus lebih memasifkan gerakan pemanfaatan lahan di rumah dan mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang di inisiasi pak Gubernur Herman Deru,” ungkap Pj Bupati Apriyadi beberapa waktu lalu.

Menurutnya, langkah tersebut juga bagian untuk mengatasi inflasi di Kabupaten Muba. “Saya yakin apabila gerakan ini benar-benar berjalan baik tentu akan maksimal mengatasi inflasi,” terangnya.(ren)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: