Kunjungi Lapas Sekayu, Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan Usulkan Napi Diberi Kesempatan Kuliah

Kunjungi Lapas Sekayu, Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan Usulkan Napi Diberi Kesempatan Kuliah

Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sumsel ke Lapas Sekayu--

SEKAYU, HARIANMUBA.COM,- Narapidana adalah terpidana yang menjalani pidana hilang kemerdekaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). 

Namun kedepan tidaklah demikian, sebab Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, mengusulkan narapidana di Lapas Sekayu mendapatkan kesempatan mengikuti perkuliahan, dalam hal ini mendapatkan gelar sarjana.

Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, Ilham Djaya mengatakan, pelaksanaan konsep Pemasyarakatan sudah mengalami perubahan yang luar biasa.

"Saya mengapresiasi Kalapas bisa membuat kondisi Lapas semakin baik. Baik pembinaannya maupun suasananya. Kemudian, para petugas Lapas harus mendukung tugas pimpinan. Sepanjang pimpinan menjalankan SOP, para petugas harus siap memberikan dukungan dan melaksanakannya," kata Ilham Djaya, kemarin Sabtu 28 Januari 2023.

BACA JUGA:Mahasiswa UI Meninggal Ditabrak Malah Ditetapkan Tersangka, BEM UI Bereaksi Keras

BACA JUGA:Suku Gumay, Suku yang Berada di Kabupaten Lahat, Banyak Percaya Keturunanya Bertelunjuk Bengkok

Kakanwil menambahkan, kondisi Lapas yang sudah baik harus dijaga keamanan dan ketertibannya. Lakukan pekerjaan dengan benar dan baik, jangan melanggar aturan yang ada. 

"Ratusan ribu orang yang mau bergabung menjadi bagian Kemenkumham. Bekerjalah dengan benar dan baik," ujar Kakanwil Kemenkumham Sumsel.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil juga mengusulkan narapidana di Lapas Sekayu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti perkuliahan, dalam hal ini mendapatkan gelar sarjana. 

"Bila perlu narapidana dikuliahkan. Akan menjadi kebanggaan Kanwil Kemenkumham Sumsel jika ada sekolah hukum pertama di dalam Lapas di wilayah Sumsel. Karena negara tidak boleh membuat orang lebih susah. Narapidana itu yang dihukum/dibatasi fisiknya, pikirannya tidak dibatasi. Jadi tidak ada halangan untuk mendapat pendidikan," tambah Kakanwil. 

BACA JUGA:Wakil Bupati Banyuasin Terima Penghargaan KPP Pajak Sekayu, Kog Bisa

BACA JUGA:Polisi Buru Pelaku Penusukan di Acara Orgen Prabumulih, Acara Ternyata Tak Kantongi Izin

Terakhir, Kakanwil Ilham Djaya berpesan untuk terus pertahanankan kondisi keamanan dan ketertiban Lapas. Lakukan pemantauan dan deteksi dini dengan baik.

"Selama melaksanakan tugas, upayakan yang terbaik, berikan legacy yang baik selama di Lapas," pesan Kakanwil Ilham Djaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: