Dinkes Muba Ajak warga Lakukan Vaksinasi COVID-19 Booster Kedua

Dinkes Muba Ajak warga Lakukan Vaksinasi COVID-19 Booster Kedua

Warga yang mendapatkan vaksin covid19--

SEKAYU, HARIANMUBA. COM,  - Program vaksinasi booster kedua COVID-19 bagi masyarakat umum usia 18 tahun ke atas dimulai pada 24 Januari 2023 secara serentak di seluruh Indonesia.

Terkhusus di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Dinas Kesehatan Kabupaten Muba mengajak seluruh warga mengikuti vaksinasi COVID-19 booster kedua, dengan datang ke fasyankes atau pos vaksinasi terdekat di daerah masing-masing.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Muba Dr Azmi Dariusmansyah MARS, pemberian booster kedua dilakukan sebagai upaya percepatan vaksinasi untuk meningkatkan titer antibodi dan memperpanjang perlindungan.

Hal ini sesuai dengan Imendagri Nomor 53 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan pengendalian COVID-19 pada masa transisi Menuju Endemi.

"Kegunaan vaksin booster merupakan upaya pengembalian imunitas tubuh dan proteksi klinis yang menurun sehingga pemerintah memulai program vaksinasi booster,"ungkapnya

Program tersebut lanjutnya, adalah upaya lanjutan dari vaksinasi dosis penuh ke 1 dan ke 2 tergantung dari jenis vaksin.

Selain itu pemerintah memberikan vaksin ketiga atau booster secara gratis untuk masyarakat umum.

Booster vaksin disebut juga vaksin dosis ketiga diberikan sebagai upaya untuk memutus rantai penularan COVID-19 dengan tujuan meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan Virus Corona,"bebernya.

Plt Direktur RSUD Sekayu ini juga menyebutkan, vaksin dosis ketiga dapat meningkatkan efektivitas vaksin COVID-19 sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, efektivitas vaksin dosis 1 dan 2 dapat melemah sehingga perlindungan terhadap virus dapat menurun.

Maka diberikan vaksin tambahan untuk membentuk kembali antibodi dan memperpanjang perlindungan. Namun perlu diingat, kondisi tubuh dan daya perlindungan yang dihasilkan vaksin pada setiap orang bisa berbeda-beda.

Faktor lain yang juga memengaruhi adalah kesehatan tubuh serta jenis vaksin yang diperoleh.

Adapun syarat mendapatkan Vaksin Booster

Ada syarat yang harus diperhatikan untuk bisa menerima dosis vaksin booster yaitu :1.      Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: