Menegangkan! Detik-detik Buaya Berukuran 4 Meter dan Bobot 200 Kg Ditangkap Oleh Warga di Tanjab Timur

Menegangkan! Detik-detik Buaya Berukuran 4 Meter dan Bobot 200 Kg Ditangkap Oleh Warga di Tanjab Timur

Buaya 4 meter tertangkap --Jambi independen

"Dari informasi tim yang turun ke lokasi, buaya tersebut memiliki ukuran panjang sekitar 4 meter dan berat sekitar 200 kilogram," ucapnya.

BACA JUGA:Musi Banyuasin Cerah Berawan, Prakiraan Cuaca Sumatera Selatan Hari Ini Jumat 10 Februari 2023

Dirinya juga menjelaskan, buaya yang ditangkap warga di Desa Catur Rahayu tersebut berjenis kelamin jantan, dengan kondisi yang cukup agresif dan ukurannya cukup besar.

 

"Cara penangkapan yang dilakukan oleh warga setempat dengan cara di jerat juga tidak asal-asalan, sebab tidak terlalu membahayakan," jelasnya.

 

Farid menambahkan, di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Tanjab Timur, khususnya di Kecamatan Dendang, memang sudah menjadi area atau habitat dari buaya liar tersebut.

 

"Di daerah gambut seperti di Dendang itu memang sering dijadikan wilayah teritorial untuk buaya bersarang dan berkembang biak. Makanya populasi buaya di sana cukup banyak," ujarnya.

BACA JUGA:Korban Tewas Gempa Salah satunya Warga Bali, Menikah dengan Warga Turki, Bukan Migran

Guna menghindari terjadinya konflik antara manusia dan hewan buas tersebut, pihak BKSDA kerap memberikan sosialisasi kepada warga yang lokasi pemukimannya bersentuhan langsung dengan area atau habitat dari buaya liar itu.

 

"Kami kerap memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terkait daerah mana saja yang sering menjadi tempat buaya bersarang, bagaimana cara menghindari ancaman buaya dan kami juga sudah memasang spanduk peringatan di sejumlah titik di pinggir aliran sungai dan sejenisnya, yang kerap dilintasi buaya," ungkapnya.

 

Kemudian, Farid menyebutkan, buaya yang telah di tangkap di Desa Catur Rahayu tersebut, kemudian dibawa ke lokasi rehabilitasi milik BKSDA Jambi untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kondisi tubuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: