Masa Panen, Harga Durian Turun

Masa Panen, Harga Durian Turun

Pedagang Durian di Sanga Desa--

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM,  - Bulan Februari menjadi masa panen raya Buah Durian di Kecamatan Sanga Desa, hal ini membuat harga Buah Durian di Kecamatan Sanga Desa berangsur turun. 

Pantauan dibeberapa pengepul buah durian saat ini, harga buah yang memiliki bau khas menyengat ini sudah menyentuh angka Rp 15 ribu untuk buah yang berukuran besar.

Berbeda untuk buah dengan ukuran sedang hingga kecil, saat ini dijual dengan harga bervariatif mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu perbuah. Bergantung pada ukuran serta tampilan fisik buah yang dijual.

"Dibanding minggu lalu saat ini memang harga durian sudah turun jauh. Kalau minggu lalu ukuran besar itu masih di harga Rp 20 ribu perbuah, yang sedang itu Rp 15 ribu, serta yang kecil harganya Rp 10 ribu. Sekarang itu sudah turun hampir setengahnya," ungkap Johan (37) salahsatu pengepul durian warga kelurahan Ngulak 1.

Menurutnya, untuk saat ini mayoritas buah durian yang berasal dari Sanga Desa banyak dijual keluar daerah seperti kota Palembang serta Jakarta.

"Kalau dijual di luar daerah itu harganya masih lumayan tinggi. Ya, selisihnya dari modal masih cukup besar. Jika dihitung beserta biaya operasional masih ada untung sekitar Rp 2 Juta untuk satu pick up durian," jelasnya.

Sementara itu Ilham (30) pengepul lainnya lebih memilih menjajakan durian di pinggir jalan lintas dengan membuka lapak bersama para pedagang lainnya.

"Meski tidak sebesar untung jika dibawa keluar daerah, namun berjualan langsung di pinggir jalan juga cukup menjanjikan," tuturnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: