Kelereng Permainan Tradisional Anak Yang Mulai Tergerus Zaman

Kelereng Permainan Tradisional Anak Yang Mulai Tergerus Zaman

Permainan kelereng--

Permainan ini memiliki beberapa variasi cara bermain.

Salah satunya anda hanya perlu membuat gambar lingkaran kecil di tanah. Semua anak menaruh sebutir kelereng di dalam lingkaran lalu semua anak berdiri kira-kira dua atau satu meter dari lingkaran, di belakang sebuah garis. 

BACA JUGA:Jelang Lebaran Idul Fitri, Indonesia Akan Disambangi Gerhana Matahari Hibrida

BACA JUGA:Jalinteng Muba Mulus Siap Dilalui Pemudik, Ini Pesan Pj Bupati Apriyadi

Secara bergantian, melemparkan sebutir kelereng lainnya ke arah lingkaran. Anak yang kelerengnya paling jauh dari lingkaran, boleh main lebih dulu.

Dia harus memakai kelereng yang ada di luar lingkaran sebagai Penyerang untuk memukul kelereng di dalam lingkaran keluar. Kalau berhasil melakukannya, maka ia boleh menyimpan setiap kelereng yang kena jentik.

Ada juga versi permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak desa Tanjung Kupang Baru. 

Setiap sore mereka memainkan kelereng dengan gambar Apolo yang cara mainnya adalah sejumlah kelereng ditaruh pada gambar Apolo, pada titik-titik yang ditentukan jika berhasil mengenai kelereng yang berada diujung Apolo maka semua kelereng menjadi miliknya, tetapi kalau hanya mengenai selain yang di ujung Apolo maka kelereng yang berada dibawahnya yang menjadi miliknya.

Bahkan permainan ini tidak hanya disukai anak laki-laki saja akan tetapi anak perempuan memainkan permainan tradisional ini. (dik)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: