Mengenal Apa Itu Gowok, Wanita Pelatih Seksual Pria Jawa Zaman Dulu

Mengenal Apa Itu Gowok, Wanita Pelatih Seksual Pria Jawa Zaman Dulu

Tradisi Gowok Suku Jawa--Wikipedia

Calon mempelai laki-laki akan tinggal di rumah gowok selama beberapa hari untuk kemudian menerapkan ilmu yang sudah diperoleh kepada istrinya ketika sudah menikah.

BACA JUGA:Pekerja Tambang Emas Ilegall di Jambi Meninggal Tertimbun, Korban Berasal Dari Muratara

Tugas inti dari seorang gowok pada intinya memang mempersiapkan perjaka yang berkualitas pada malam pengantin. 

 

Akan tetapi ini bukan hanya soal seks saja, termasuk juga untuk urusan rumah tangga. Diketahui, lamanya masa pergowokan ini biasanya berlangsung hanya beberapa hari saja dan maksimal selesai dalam satu minggu.

 

Sejarah Gowok

 

Dilansir dari koropak.co.id, berdasarkan sejarahnya, tradisi pergowokan di daratan Jawa pada awalnya diperkenalkan oleh wanita asal Tiongkok bernama Goo Wok Niang yang datang ke Jawa bersama dengan Laksamana Cheng Ho pada tahun 1415-an.

 

Dalam waktu yang tak lama itu, praktik tersebut pada akhirnya dikenal banyak masyarakat Jawa hingga menjadi tradisi di kemudian harinya.

BACA JUGA:PO Mahendra Transport Indonesia, Bus Pendatang Baru Paling Banyak Diburu Mania

Istilah Gowok diambil untuk mengenang Goo Wok Niang, namun karena orang Jawa sulit melafalkan dialek Cina maka lama kelamaan nama Goo Wok Niang hanya disebut Gowok saja.

 

Disebutkan bahwa praktik Gowok ini terakhir marak di daerah Purworejo dan Banyumas, namun mulai hilang di era 1960-an, lantaran memang tradisinya melanggar norma dan agama.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: