Kabar Usulan Sumsel Barat Makin Gencar, Ketua Presidium Ungkap Alasan Pemekaran

Kabar Usulan Sumsel Barat Makin Gencar, Ketua Presidium Ungkap Alasan Pemekaran

Peta wilayah Sumsel Barat. Foto : Linggaupos.co.id--

BACA JUGA:6 Macam Arti Mimpi, Bila Alami Mimpi Ini Anda Harus Hati-hati

Wahisun Wais menuturkan, Ridwan Mukti menyarankan agar presidium segera berkirim surat kembali ke bupati/wali kota dan DPRD, dengan tujuan inti, agar kepala daerah dan DPRD memberikan dukungan secara tertulis.

"Jadi sifatnya adalah dukungan, bukan persetujuan. Kalau pengesahan ya nanti, yang penting sekarang adalah dukungan konkret," saran Ridwan Mukti.

Ridwan Mukti siap turun gunung dan totalitas ikut mendorong proses pemekaran Sumselbar. 

Menginggat karier politik Ridwan Mukti cukup moncer dan merupakan salah satu tokoh politik senior yang tampil di kancah nasional asal Musi Rawas.

BACA JUGA:Guru di Palembang Kehilangan iPhone 13, Dijambret Saat Bersepeda

BACA JUGA:Jika Sumsel Barat Terwujud, Luasnya Melebihi Bengkulu dan Bangka Belitung

Seperti diberitakan sebelumnya ada beberapa kota dan kabupaten diwacanakan, akan bergabung dengan rencana provinsi baru ini.

Pertama Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagar Alam dan Kabupaten Lahat.

Jika keenam wilayah terjadi jadi Provinsi Sumsel Barat, dengan luas wilayah 20.962 km2 atau sekitar 22,89 persen dari luas daerah induk Provinsi Sumsel (91.542 km2).

Luasnya, ternyata lebih luas dari Provinsi Bengkulu (19.919 km2) dan Provinsi Kepulauan (Kep) Bangka Belitung (Babel), yaitu 16.424 km2

BACA JUGA:Tidak Hanya Pantai, 5 Destinasi Wisata di Lampung Ini Juga Menarik di Kunjungi

BACA JUGA:Kapolres Muba Kayuh Becak, Antar Anggota Polres Yang Masuk Purna Bakti

Berdasarkan data kependudukan tahun 2021 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel tahun 2022, jumlah penduduk calon daerah Provinsi Sumsel Barat mencapai 1.750.024 jiwa atau sekitar 20,47 persen dari jumlah penduduk daerah induk Provinsi Sumsel (8.550.849 jiwa).

Bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Provinsi Bengkulu sebanyak 2.091.314 jiwa dan Provinsi Kep. Babel 1.522.995 jiwa lebih banyak calon daerah Provinsi baru ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: