Perdana Di Indonesia, Bank Mandiri Terbitkan Kartu Debit & E-money Plastik Hasil Daur Ulang

Perdana Di Indonesia, Bank Mandiri Terbitkan Kartu Debit & E-money Plastik Hasil Daur Ulang

Bank Mandiri menjadi bank pertama di Indonesia yang menerbitkan kartu debit dan kartu prabayar E-Money dari bahan plastik PVC daur ulang dan juga kartu kredit virtual tanpa kartu plastik--

Perdana Di Indonesia, Bank Mandiri Terbitkan Kartu Debit & E-money Plastik Hasil Daur Ulang

HARIANMUBA.COM - Bank Mandiri menjadi bank pertama di Indonesia yang menerbitkan kartu debit dan kartu prabayar E-Money dari bahan plastik PVC daur ulang dan juga kartu kredit virtual tanpa kartu plastik. 

Peluncuran kartu ramah lingkungan (sustainable cards) tersebut menjadi salah satu agenda dalam Mandiri ESG Festival 2023 yang digelar 12 Juli 2023. 

“Inisiatif penerbitan recycled-PVC prepaid dan debit card serta cardless credit card merupkan bentuk komitmen Bank Mandiri pada sustainability," ujar Darmawan Junaidi, Direktur Utama Bank Mandiri, di Jakarta (12/7).

BACA JUGA:Herman Deru Optimis Rumah Tahfidz di Sumsel Semakin Berkembang Pesat

BACA JUGA:Herman Deru Ucapkan Terimakasih Pada Anggota FKMT se Kota- Palembang Aktif Membantu Pemprov Turunkan Angka St

"Khususnya mendukung tumbuhnya ekonomi rendah karbon dan tercapainya target net zero emission Indonesia pada tahun 2060,” tambahnya.

Sebagai salah satu First Movers on Sustainability Banking di Indonesia, Bank Mandiri mendorong upaya menekan emisi karbon dan mengurangi sampah plastik yang menjadi masalah serius di Tanah Air. 

Menurut data World Population Review, Indonesia menjadi negara penghasil sampah plastik terbanyak kelima di dunia, yakni 9,3 juta ton (2016). 

Tumpukan sampah plastik, termasuk PVC (polivinil klorida) sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

BACA JUGA:Mantan Kades di Banyuasin Resmi Ditahan Kejari Banyuasin, Dugaan Kasus Korupsi Dana Desa

BACA JUGA:3 Daerah Terjauh Dari Ibukota Provinsi Sumsel, Semuanya Masuk Wilayah Usulan DOB Sumsel barat

Seperti halnya plastik lain, PVC yang merupakan bahan pembuatan kartu bank, terbuat dari minyak bumi (energi fosil) dan proses produksinya melepaskan bahan kimia berbahaya ke lingkungan. 

Plastik juga tidak dapat terurai secara hayati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: