Mengejutkan! Ilmuwan Berhasil Temukan Sistem Jalan Tol Tertua di Dunia, Hubungkan Kota yang Hilang

Mengejutkan! Ilmuwan Berhasil Temukan Sistem Jalan Tol Tertua di Dunia, Hubungkan Kota yang Hilang

Jalan Tol Tertua di Dunia --

Meskipun periode sebelumnya dianggap sebagai masyarakat nomaden pemburu-pengumpul, penemuan ini mengubah pandangan kita terhadap kota-kota hilang di hutan El Mirador, Guatemala selatan.

 

Akses ke kota-kota ini hanya mungkin dengan helikopter dan pendakian 40 mil, dengan wilayah yang dihuni oleh hewan buas seperti jaguar dan ular.

BACA JUGA:Jejak Keturunan Majapahit di Jombang, Mayoritas Penduduk di Kampung Ini Tidak Berbahasa Jawa

Penulis utama studi dan profesor penelitian arkeologi di Universitas Idaho State, Richard Hansen, menyatakan bahwa temuan ini mengungkap kompleksitas dan kecanggihan arsitektur pada periode Praklasik, dengan beberapa bangunan terbesar dalam sejarah dunia sedang dibangun pada waktu itu.

 

Tim ilmuwan AS-Guatemala telah memetakan area Amerika Tengah sejak 2015 dengan menggunakan teknologi lidar, metode pemetaan laser arkeologi utama yang mengungkapkan detail-detail seperti vegetasi purba.

 

Melalui teknik ini, ilmuwan berhasil mengidentifikasi bendungan kuno, waduk, piramida, platform, jaringan jalan, dan bahkan lapangan bola.

BACA JUGA:6 Ruas Tol Tol Trans Sumatera di Kebut Pembangunannya, Percepatan Infrastruktur Transportasi di Pulau Sumatera

Enrique Hernández, seorang arkeolog dari Universitas San Carlos di Guatemala City dan salah satu penulis makalah, mengungkapkan bahwa penemuan ini memiliki potensi dampak sebanding dengan piramida Mesir.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: