Inilah Tol Yang Menghubungkan Pekanbaru-Medan, Perjalanan Akan Lebih Singkat

Inilah Tol Yang Menghubungkan Pekanbaru-Medan, Perjalanan Akan Lebih Singkat

Salah satu ruas tol di Pekanbaru --

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) telah diresmikan Presiden RI Joko Widodo secara virtual pada Jumat, 25 September 2020 dari Istana Kepresidenan Bogor.

Jalan tol terpanjang ketiga di Indonesia ini memiliki 5 (lima) simpang susun yakni Simpang Susun Minas, Simpang Susun Kandis Selatan.

BACA JUGA:Target 8 Kursi, Inilah Daftar Calon Sementara DPRD Partai PKS Kabupaten Muba

BACA JUGA:Inilah Gambaran Keseruan Perjalanan Dari Medan ke Palembang, Melalui Tol Trans Sumatera

Simpang Susun Kandis Utara, Simpang Susun Duri Selatan, dan Simpang Susun Duri Utara; 1 junction yakni Junction Duri; 4 jembatan di Sungai Tekuana, Sungai Bangso, Sungai Sam-Sam dan Sungai Mandau, serta 5 underpass di Seksi 4.

Tol Pekanbaru – Dumai terdiri dari enam seksi yakni Seksi I Pekanbaru – Minas sepanjang 9,5 km.

Seksi II Minas – Petapahan sepanjang 24,1 km, kemudian Seksi III Petapahan – Kandis Utara 16,9 km.

Seksi IV Kandis Utara – Duri Selatan sepanjang 26,25 km, Duri Selatan – Duri Utara sepanjang 29,4 km. Seksi VI Duri Utara – Dumai 25,44 km

BACA JUGA:Hal Seputar Pedang Katana yang Perlu Kamu Ketahui, Sejarah Asal-usul Hingga Kode Etik Samurai

BACA JUGA:Fashion Show Festival Bongen, Undang Gelak Tawa Ribuan Penonton

Tol ini dilengkapi dengan 10 Tempat Peristirahatan dan Pelayanan (TIP), yang terdiri dari 5 TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 TIP lainnya arah Kota Dumai.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri sehingga akan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

“Tol ini akan memperpendek jarak tempuh antara Pekanbaru – Dumai menjadi 131 kilometer di mana kalau melalui jalan nasional jaraknya 200 kilometer," ungkap Menteri Basuki.

"Saya kira truk pengangkut bahan seperti sawit bisa pindah menggunakan jalan tol dengan pertimbangan hitungan waktu. Dengan tol ini, pengguna dapat menghitung waktu perjalanan bahan dari asal sampai ke pabrik,” tambahnya

BACA JUGA:Bian Bagindaz Pukau Ribuan Masyarakat Muba di Festival Bogen Fest Merdeka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: