Tinggal 1 Seksi Lagi, Tol Sigli - Banda Aceh Rampung, Jarak Tempuh Hanya 1 Jam

Tinggal 1 Seksi Lagi, Tol Sigli - Banda Aceh Rampung, Jarak Tempuh Hanya 1 Jam

Tol Sigli Banda Aceh--

Jalan Tol ini nantinya akan mempersingkat akses ke Universitas Syiah Kuala (USK) hanya 45 menit saja melalui GT Padang Tiji - GT Kuta Baro.

Dari yang sebelumnya menggunakan jalan nasional bisa menempuh waktu sampai 2,5 jam perjalanan. 

BACA JUGA:Gadis Cantik Asal Sekayu Ini Jadi Wakil Sumsel, Final Indonesia Look Pencarian Bakat Menuju Bintang 2023

BACA JUGA:Tol Binjai - Pangkalan Brandan Akhir Tahun Selesai, Tingkatkan Konektivitas Medan - Aceh

Selain itu Jalan Tol Sigli - Banda Aceh juga mempersingkat akses logistik ke Pelabuhan Internasional Malahayati hanya 1 jam saja lewat GT Padang Tiji - GT Baitussalam dari yang sebelumnya bisa mencapai 3,5 jam perjalanan lamanya.

Dengan dibangunnya ruas tol ini sendiri akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 3 jam dengan kondisi jalan yang  berkelok-kelok melalui perbukitan menjadi  hanya 1 jam perjalanan. 

Jalan Tol Sigli - Banda Aceh yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) membentang sepanjang 74 kilometer (km).

Pemba gunan dari 6 seksi dan dikelolah oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya dengan nilai investasi sebesar Rp 12,53 triliun. 

BACA JUGA:Ayo Habiskan Waktu Akhir Pekan di Danau Ulak Libok, Pilihan Wisata Murah Meriah Buat Keluarga

BACA JUGA:Ada Penjelajah Waktu Tertangkap Kamera di Tahun 1940? Simak Penjelasannya

Jalan Tol Sigli - Banda Aceh sebanyak tiga seksinya telah dioperasikan, yakni Seksi 2 Seulimeum-Jantho (6,26 km) yang beroperasi pada 8 Maret 2022, Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16,37 km) yang beroperasi pada 26 Februari 2021, dan Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14,60 km) yang beroperasi pada 1 Juli 2020 dan telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2020.

Selanjutnya Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro sepanjang 7,30 km, saat ini progres konstruksi sebesar 98,97%, dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam sepanjang 5,10 km

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: