Implementasi P5 Kurikulum Merdeka, SMPN 4 Bayung Lencir Latih Siswa Berdemokrasi Melalui Pemilihan Ketua Osis

Implementasi P5 Kurikulum Merdeka, SMPN 4 Bayung Lencir Latih Siswa Berdemokrasi Melalui Pemilihan Ketua Osis

Kegiatan pemilihan ketua osis di SMP Negeri 4 Bayung Lencir --

BAYUNG LENCIR, HARIANMUBA.COM-  Siswa SMP Negeri 4 Bayung Lencir baru saja melaksanakan pesta demokrasi, guna memilih ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis).

 

Pergantian estafet kepemimpinan tersebut dilaksanakan pada hari Senin (4/9), dan diikuti sebanyak 2 pasang calon Ketua dan Wakil Ketua Osis.

 

Dalam pemilihan yang diadakan, pasangan calon nomor urut 1 yakni Rafa Nugraha berpasangan dengan Krisna Satria berhasil mengungguli pasangan nomor urutnya 2 yaitu Angling  Febrianto dan Deni Saputra dengan perolehan 44 suara dari 54 suara keseluruhan, atau sekitar 81 persen suara.

 

Kepala SMP Negeri 4 Bayung Lencir Sepitriyanti SPd melalui Wakil Kepala Sekolah M Dimas Virgiawan SPd mengatakan bahwa pemilihan ketua osis ini merupakan acara rutin setiap tahunnya.

BACA JUGA:Gempa Guncang Seluma Bengkulu, Kekuatan 4,8 SR

"Pemilihan ketua Osis ini sudah merupakan rutinitas tahunan yang kita adakan. Memang dari tahun ke tahun tampuk kepemimpinan ketua Osis harus bergulir dari satu angkatan ke angkatan dibawah," ungkapnya.

 

Menurutnya pergantian ketua osis dengan cara pemilihan langsung seperti yang diadakan setiap tahunnya tersebut merupakan salah satu cara mendidik siswa dalam berdemokrasi secara baik, dan merupakan implementasi langsung dari P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka.

 

"ini bisa jadi pembelajaran buat mereka,  bagaimana cara penerapan demokrasi dalam pemilihan pemimpin. Sehingga nanti saat mereka terjun kemasyarakat secara langsung,  mereka sudah memiliki bekal yang cukup," ujar Dimas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: