Ada Perubahan Iklim El Nino, Ini 9 Intruksi yang Dikeluarkan Pemkab Muba

Ada Perubahan Iklim El Nino, Ini 9 Intruksi yang Dikeluarkan Pemkab Muba

Pj Bupati Muba--

HARIANMUBA.COM,- Ada Perubahan Iklim El Nino, Ini 9 Intruksi yang Dikeluarkan Pemkab Muba.

Menanggapi perubahan El Nino, Penjabat Bupati Musi Banyuasin (Muba) Ariyadi Mahmud mengeluarkan instruksi siaga dan waspada dini dampak kabut asap dan deteksi dini Dengue. 

Instruksi ini disampaikan Apriyadi melalui surat edaran (SE) no B-440/5295/KES/2023 pada Senin (04/09/2023) di Sekayu. 

SE yang ditandatangani oleh Kadinkes Muba dr Azmi Dariusmanyssh ini ditujukan kepada Direktur Rumah Sakit dan Kepala UPTD Puskesmas di Lingkungan Dinas Kesehatan Kab.Musi Banyuasin.

BACA JUGA:Tol Muara Enim Lubuklinggau Kemungkinan Dimulai Tahun 2024, Ini Desa di Musi Rawas yang Terdampak

BACA JUGA:Inilah Satu- Satunya Jalan Tol Gratis di Indonesia, Menghubungkan Lokasi Pariwisata Nasional

Instruksi berupa SE ini dikeluarkan merujuk SE Kementrian Kesehatan No PV.02.01/C/2350/2023 tentang terpaan EL Nino (suhu panas >30’C) di sebagian besar Negara Asia dan kemungkinan besar juga akan melanda Indonesia. 

Pj Bupati Apriyadi melalui dr Azmi Selaku Kadis Kesehatan menyebut datangnya perubahan iklim EL Nino di Indonesia biasanya akan diikuti penyakit yang disebabkan oleh nyamuk atau Dengue. 

"Kondisi tersebut terjadi karena peningkatan suhu panas yang dapat menyebabkan insiden dengue dan kejadian luar biasa dengue di indonesia. Ini memiliki pola yang sama dengan kejadian EL Nino yakni replika virus meningkat jika temperatur udara meningkat," terang Azmi. 

Karena waktunya bersamaan musim kemarau, tambah Azmi, Pemkab Muba perlu mengantisipasi dampak kebakaran hutan dan lahan bagi kesehatan masyarakat. 

BACA JUGA:Cuma 3 Menit Langsung Cair, Panduan Lengkap Cara Pinjam Dana di Akulaku Paylater Limit Pinjaman Rp15 Juta

BACA JUGA:Beredar 7 Nama PJ Bupati dan Walikota di Sumsel, Berikut Nama-Namanya

"Kita juga menyiapkan beberapa tindakan untuk mengantisipasi meningkatnya kasus penyakit Dengue. Kepada seluruh Kepala Puskesmas di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin diinstruksikan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian," kata dia. 

Berikut ini isi instruksi pada SE tersebut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: