BPBD Muba Gelar Sosialisasi Desa Tangguh Bencana di Kecamatan Sanga Desa

BPBD Muba Gelar Sosialisasi Desa Tangguh Bencana di Kecamatan Sanga Desa

Sosialisasi Desa Tangguh Bencana--

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (12/10/2023) menggelar Sosialisasi Desa Tangguh Bencana tahun 2023 di Kecamatan Sanga Desa.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Sanga Desa tersebut dibuka langsung oleh Kepala BPBD Muba Ir H Pathi Riduan SE ATD MM.

 

Hadir dalam acara tersebut Camat Sanga Desa Hendrik SH MSi, Kapolsek Sanga Desa IPTU Nasirin SH MH diwakili Kanit Sabhara IPTU S Hutahaean, Danramil 401-02/Babat Toman Kapten Inf H Suhartono diwakili Serma Suwardiyono, serta puluhan stakeholder terkait di wilayah Kecamatan Sanga Desa.

BACA JUGA:Tahun 2024, Pemkab Muba Bakal Dapat Jatah DAK Rp145 Miliar

"Kegiatan Sosialisasi Desa Tangguh Bencana ini merupakan program dari pusat melalui BNPB. Untuk tahun 2023 ini Kabupaten Musi Banyuasin melakukan kegiatan ini di dua tempat yakni Desa Tangguh Bencana di Muara Medak Kecamatan Batung Lencir, dan di Desa Jud I Kecamatan Sanga Desa," ungkap Kepala BPBD Muba Ir H Pathi Riduan SE ATD MM ketika dibincangi usai kegiatan.

 

Ia menjelaskan bahwa tujuan Desa Tangguh Bencana adalah membentuk suatu masyarakat yang paham mengenai pencegahan, penanggulangan, dan mitigasi bencana.

 

"Nanti Pemerintah Desa dan masyarakat akan kita bekali dengan pengetahuan tentang kebencanaan. Mulai dari memetakan resiko kebencanaan, deteksi dini, maupun kegiatan pasca bencana. Sehingga nanti outputnya berupa dokumen yang bisa menjadi acuan Desa Tangguh Bencana, selain itu diharapkan juga disetiap desa tangguh bencana ini dibentuk relawan-relawan yang paham mengenai kebencanaan," jelasnya.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan Konsumsi Amoxicillin, Yuk Kenali Bagaimana Efek Sampingnya Pada Kesehatan

Lebih lanjut Pathi juga menghimbau kepada masyarakat disaat musim kemarau agar berhati-hati terhadap bahaya kebakaran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: