Bikin Bangga! Desa Bumi Kencana Kecamatan Sungai Lilin Raih Trophy Proklim Utama

Bikin Bangga! Desa Bumi Kencana Kecamatan Sungai Lilin Raih Trophy Proklim Utama

Desa Bumi Kencana Sungai Lilin terima penghargaan Proklim--

HARIANMUBA.COM - Desa Bumi Kencana Kecamatan Sungai Lilin, Musi Banyuasin, berhasil meraih Trophy Proklim Utama.

 

Trophy Proklim Utama tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar kepada Kepala Desa Bumi Kencana Kecamatan Sungai Lilin Erwin Aprianto, Selasa (24/10/23) di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta. 

 

Sedangkan, piagam Apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Kabupaten diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar kepada Pj Bupati Musi Banyuasin dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Banyuasin Ir. Zulfakar, M.Si.

 

Menurut Zulfakar, pada tahun ini, trophy Proklim Lestari diberikan kepada 26 Kampung Iklim, Trophy Proklim Utama kepada 55 Kampung Iklim, 23 Piagam Apresiasi Pendukung Proklim, 10 Gubernur Penerima Piagam Apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Provinsi, 13 Walikota Penerima Piagam Apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Kota, dan 42 Bupati Penerima Piagam Apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Kabupaten.

BACA JUGA:Setelah Diresmikan Tol Indralaya Prabumulih Akan Segera Bertarif, Ini Kemungkinan Tarifnya

"Sampai tahun 2023, sudah sebanyak 31 Desa di Kabupaten Musi Banyuasin sebagai Desa Proklim yang terdaftar di Sistem Registrasi Nasional (SRN) Pengendalian Perubahan Iklim KLHK. Diantaranya sebanyak 25 Desa Kategori Proklim Madya, 2 (dua) Desa Kategori Proklim Utama, 1 (satu) Desa Trophy Proklim Utama dan 3 (tiga) Desa Lainnya masih menunggu hasil penilaian Proklim," terang Zulfakar. 

 

Program Kampung Iklim (Proklim), tambah dia, merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.. 

 

Selain itu, ajang ini juga memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: