Perusahaan Sepakat Segera Perbaiki Jembatan di Lalan, Pj Bupati Muba Bakal Lengkapi dengan LPJU dan CCTV

Perusahaan Sepakat Segera Perbaiki Jembatan di Lalan, Pj Bupati Muba Bakal Lengkapi dengan LPJU dan CCTV

Rapat pembahasan perbaikan jembatan lalan--

HARIANMUBA.COM - Terhitung sudah sebanyak empat kali jembatan P.6 di Kecamatan Lalan Kabupaten Muba ditabrak oleh kapal tongkang pengangkut batubara, dan hal tersebut membuat geram Pj Bupati Apriyadi Mahmud. 

Diketahui, pasca insiden ditabraknya Jembatan P.6 Lalan pada 29 Oktober lalu membuat pergeseran jembatan hingga 10 cm yang dinilai mempengaruhi ke kekokohan bangunan jembatan. 

Oleh sebab itu, Pj Bupati Apriyadi Mahmud meminta pihak perusahaan segera bertanggung jawab melakukan perbaikan jembatan P.6 Kecamatan Lalan. 

"Kami siap akan bersama-sama dengan perusahaan tambang lainnya yang melintas di Sungai Lalan ini untuk memperbaiki jembatan P.6 Lalan," ungkap perwakilan CV Ratih, Agus saat Rapat Tindaklanjut Terhadap Kerusakan Jembatan P.6 Sungai Lalan Aset Milik Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Dan Rapat Terkait Pengangkutan Barang Yang Melalui Sungai Dalam Wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Senin (13/11/2023). 

BACA JUGA:Dihabisi Rekan Kerjanya, Karyawan di PT GAL Bayung Lencir Meninggal Dunia

Senada diungkapkan dari perwakilan PT Bhumi Sriwijaya Perdana Coal, Humala mengatakan pihaknya siap komitmen untuk turut melakukan perbaikan jembatan dan melakukan proteksi ke depan. 

"Kami prinsipnya siap untuk bertanggung jawab melakukan perbaikan jembatan P.6 di Lalan ini, dan akan berkoordinasi dengan Pemkab Muba serta jajaran Kecamatan Lalan," ujarnya. 

"Sesuai kesepakatan kami beberapa perusahaan yang memanfaatkan jalur perairan dibawah jembatan P.6 Lalan ini akan persolek jembatan tersebut," tambahnya.

Perwakilan PT SBL, Joko juga mengatakan pihaknya juga siap bertanggung jawab melakukan perbaikan jembatan P.6 Lalan sesuai dengan permintaan Pemkab Muba. "Kami juga sangat menjaga aset ini, tentu perusahaan siap bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan," ujarnya. 

BACA JUGA:Program Umroh Gratis Pemkab Banyuasin Belum Terlaksana, Kemungkinan Dibatalkan

Perwakilan PT Triaryani, Roza berharap ke depan akan ada SOP khusus dalam melintasi jalur perairan terutama dibawah jembatan. "Agar ke depan hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari, dan kami dari PT Triaryani siap akan turut memperbaiki jembatan P.6 Lalan," tuturnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Apriyadi Mahmud menegaskan, pihak perusahaan dalam waktu jangka pendek ini segera memperbaiki jembatan, menambah lampu penerangan di jembatan, dan memasang CCTV serta melibatkan Tim Ahli untuk turut mengkaji perbaikan jembatan. 

"Kemudian, untuk batas angkut akan dibatasi 270 feet serta akan ada SOP yang dipatuhi ketika melintas di sungai dan dibawah jembatan," tegasnya.

Lanjut Apriyadi, untuk jangka menengah dirinya meminta pihak perusahaan membangun fender jembatan dan jangka panjang nantinya pihak perusahaan membuat jembatan baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: