Memanfaatkan Air Pasang, Warga Sanga Desa Ramai Nangkul Ikan

Memanfaatkan Air Pasang, Warga Sanga Desa Ramai Nangkul Ikan

Warga ramai nangkul ikan--

HARIANMUBA.COM,- Memanfaatkan Air Pasang, Warga Sanga Desa Ramai Nangkul Ikan.

Pasangnya debit air Sungai Musi dalam beberapa hari terakhir juga di ikuti dengan naiknya debit air di beberapa anak Sungai Musi,  seperti Sungai Panai yang ada di Desa Panai Kecamatan Sanga Desa.

Naiknya debit air Sungai Panai kemudian dimanfaatkan warga untuk menangkap ikan dengan tangkul (alat tangkap ikan,  red). 

Puluhan warga terutama kaum ibu-ibu tampak berjajar di sepanjang muara sungai panai dengan membawa peralatan masing-masing.

BACA JUGA:3 Anggota Polres Muratara Alami Luka Tusuk, Saat Grebek bandar judi di Pasar Malam

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Serahkan Penghargaan Pemenang Desa Cantik di Sumsel

"kalau air dalam (pasang,  red) seperti ini banyak ikan kecil-kecil yang masuk ke Sungai Panai ini.  Jadi warga memanfaatkan momen tahunan ini dengan menangkul ikan, namun ada juga yang memasang jaring." ungkap Pauziah warga desa Panai saat dibincangi wartawan koran ini Selasa (5/12).

Hasil ikan yang mereka dapat biasanya selain dijadikan lauk juga di olah menjadi pempek ataupun kemplang. 

"Biasanya buat lauk kalau dapatnya sedikit.  Tapi kalau banyak sering juga dibuat pempek,  kemplang ataupun rusip.  Kalau dibuat rusip ikannya akan tahan cukup lama." ujarnya.

Menurut Halimah (48) warga lainnya biasanya warga banyak menangkul pada waktu siang hingga sore hari,  karena biasanya pada wakti tersebut ikan-ikan akan banyak berada di pinggiran sungai.

BACA JUGA:Libur Nataru, Ini Prediksi Peningkatan Penumpang di Bandara SMB II

BACA JUGA:Ditargetkan Selesai 2024, Begini Perkembangan Terbaru Pembangunan Tol Bayung Lencir - Tempino

"Kalau untuk waktunya biasanya kita nangkul dari siang hingga sore karena pada waktu tersebut biasanya ikan akan banyak berteduh di pinggir sungai." ungkapnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: