Manfaat dan Keistimewaan Puasa Senin-Kamis, Amalan yang Memberi Berkah Sepekan

Manfaat dan Keistimewaan Puasa Senin-Kamis, Amalan yang Memberi Berkah Sepekan

Ilustrasi puasa--Kompas.com

HARIANMUBA.COM- Puasa Senin Kamis adalah amalan sunnah yang dianjurkan dalam Islam, di mana umat Muslim dianjurkan untuk berpuasa pada hari Senin dan Kamis setiap minggu. 

Meskipun puasa ini tidak wajib, banyak manfaat dan keistimewaan terkandung di dalamnya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai puasa Senin Kamis:

1. Sunnah yang Dianjurkan oleh Rasulullah SAW

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Ahmad, Rasulullah bersabda, “Amal perbuatan manusia akan disampaikan pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diserahkan saat aku berpuasa.” (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:Warga Desa Air Itam PALI Mendadak Gempar, Buaya Sepanjang 2 Meter Masuk Perangkap Ikan

2. Meniru Tradisi Nabi Daud AS

Dalam beberapa riwayat, puasa Senin Kamis juga dikaitkan dengan tradisi Nabi Daud AS. Beliau disebutkan berpuasa pada dua hari tersebut sebagai ungkapan syukur dan ibadah kepada Allah SWT.

3. Mendapatkan Pahala dan Ampunan

Puasa Senin Kamis merupakan amalan yang dapat mendatangkan pahala besar dari Allah SWT. Dengan menjalankan puasa ini secara istiqamah, seseorang dijanjikan ampunan dosa-dosa yang telah lalu. Rasulullah SAW bersabda.

"Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, tangguhkan keduanya." (HR. Ahmad).

4. Menyehatkan Tubuh dan Jiwa

Puasa Senin Kamis bukan hanya mendatangkan manfaat spiritual, tetapi juga dapat memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh dan jiwa. Dengan pola makan yang teratur dan terkontrol, puasa ini dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan kesadaran spiritual.

BACA JUGA:Musim Hujan, Sebagian Desa Jembatan Gantung Jirak Jaya Terendam Banjir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: