Budidaya Sorgum di Lahan Kering bisa jadi Peluang Penghasil Cuan

Budidaya Sorgum di Lahan Kering bisa jadi Peluang Penghasil Cuan

Sorgum--

BACA JUGA:Ini Daftar 7 Jenis Kurma dengan Harga Paling Mahal

Biji sorgum menjadi solusi bagi mereka yang membutuhkan bahan pangan rendah gluten dan gula. Memiliki kadar gluten yang rendah menjadikan sorgum terbilang baik bagi anak autis maupun penderita auto imun.

Selain itu kandungan nutrisinya yang tinggi dan memiliki serat sorgum menjadi alternatif yang sehat dan bergizi. Sorgum memiliki potensi besar menjadi bahan pangan alternatif sehat.

Meskipun harga jual sorgum masih kalah seksi bila dibandingkan dengan beras namun melalui proses pengolahan lebih lanjut seperti menjadi beras sorgum, tepung sorgum, mi sorgum, kue kering ataupun lainnya akan meningkatkan harga jual produk ini.

Selain itu, biji sorgum juga dapat digunakan sebagai pakan burung atau bahan campuran pakan ternak maupun bahan pelet ini menjadikan pasar sorgum masih terbuka luas. Namun, manfaat sorgum tidak berhenti di situ. Batang sorgum manis memiliki potensi besar untuk menghasilkan sirup sorgum, memberikan alternatif manis yang sehat bagi konsumen.

BACA JUGA:Pemkab Muba Dukung Aliansi Komunitas Pemuda Bangun Semangat Ramadhan

BACA JUGA:Oppo Find X3 Pro, Cocok untuk Penyuka Gaming

Tidak hanya itu, batang sorgum manis juga dapat diolah menjadi gula, setelah diperas niranya layaknya tebu.

Sebuah inovasi yang memberikan nilai tambah bagi industri pangan lokal. Dan jangan lupakan sisa batang sorgum yang telah diperas. Mereka bisa digunakan sebagai pakan sapi, mengurangi limbah dan memaksimalkan penggunaan setiap bagian tanaman ini.

Punya berbagai manfaat yang ditawarkannya, serta bisa berpadu dengan usaha peternakan, budidaya sorgum menjadi contoh nyata bagaimana pertanian, peternakann dan industri pangan dapat berkolaborasi untuk memberikan solusi yang maksimal. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: