Catat, Ini Waktu Mustajab untuk Berdoa Selama Bulan Ramadhan

Catat, Ini Waktu Mustajab untuk Berdoa Selama Bulan Ramadhan

Ilustrasi--

HARIANMUBA.COM - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan kebaikan. Salah satu keberkahannya yaitu terdapat beberapa waktu mustajab untuk berdoa.

Salah satu amalan yang dianjurkan selama menjalankan ibadah puasa adalah berdoa. Terdapat momen-momen tertentu yang dianggap sebagai waktu mustajab untuk berdoa.

Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi menjelaskan bahwa, orang yang berpuasa sangat dekat jaraknya untuk dikabulkan, besar harapan untuk dijabah. Karena itu, kita harus bisa memanfaatkan waktu mustajab untuk berdoa ini.

Waktu mustajab untuk berdoa selama Ramadhan

BACA JUGA:Ini 8 Tim Lolos Perempat Final Liga Champions

1. Saat Berbuka Puasa (Iftar)

Dikutip dari sebuah Hadits, waktu mustajab untuk berdoa bagi orang yang berpuasa adalah ketika berbuka. Hadits ini bersumber dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda:

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan orang yang terdzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat." (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad. Hadits hasan).

Riwayat lain juga mengatakan bahwa Abdullah bin 'Amr bin 'Ash mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya, bagi orang yang berpuasa, pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak."

BACA JUGA:Terseret Janji Proyek, Istri Kadis Jadi Tersangka

Dengan memanfaatkan waktu ini dengan sebaik mungkin, besar harapan doa yang kita panjatkan akan terkabul.

2. Di antara Adzan dan Iqamah

Rasulullah SAW mengajarkan bahwa, "Doa seseorang todaklah ditolak antara adzan dan iqamah." (HR. Ahmad).

Di waktu ini, umat Islam dipanggil untuk menunaikan ibadah sholat, sebuah panggilan untuk menghadap kepada Allah SWT. Hal tersebut dapat diartikan bahwa di antara adzan dan iqamah terdapat waktu mustajab untuk berdoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: