Sering Dianggap Cuma Tanaman Liar, Daun Pecut Kuda Ternyata Punya Khasiat Luar Biasa Untuk Kesehatan

Sering Dianggap Cuma Tanaman Liar, Daun Pecut Kuda Ternyata Punya Khasiat Luar Biasa Untuk Kesehatan

Daun Pecut Kuda Ternyata Punya Khasiat Luar Biasa Untuk Kesehatan--

HARIANMUBA.COM- Daun pecut kuda, yang secara ilmiah dikenal dengan nama latin Achyranthes Aspera, sering kali dianggap hanya sebagai tanaman liar.

Namun, di balik kesan tersebut, tanaman ini sebenarnya mengandung sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang kandungan dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Daun pecut kuda merupakan jenis tanaman herbal yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai kondisi.

BACA JUGA:Dilengkapi Teknologi Tahan Air, Intip Spesifikasi Motor Listrik Yadea Keeness

Tanaman ini mengandung sejumlah zat bermanfaat seperti asam lemak, asam oleanolat, triakontanol, achyranthine, asam oleonat, bisdesmosidic, d-glukuronat, betaine, ekdisteron, spinasterol, spathulenol, dan n-hexacos-14-enoic.

Seluruh bagian tanaman ini, mulai dari akar, biji, daun, batang, hingga bunga, memiliki potensi untuk digunakan sebagai pengobatan alternatif.

Potensi Manfaat Daun Pecut Kuda

1. Meredakan Radang Tenggorokan

Kandungan antibakteri dalam tanaman pecut kuda telah terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk bakteri Streptococcus pyogenes yang sering menjadi penyebab radang tenggorokan.

2. Mengatasi Keputihan pada Wanita

Daun pecut kuda memiliki potensi sebagai obat keputihan pada wanita. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ini dapat membantu mengatasi pertumbuhan jamur Candida albicans yang merupakan salah satu penyebab keputihan.

BACA JUGA:Cegah Stunting Sejak Dini ! Berikut Ini Cara Mencegah Stunting

3. Menurunkan Demam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: